Obsession Awards 2023 "Best Companies"

Oleh: Syulianita (Editor) - 14 March 2023

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk

 

Bank BRI berhasil menutup tahun 2022 dengan kinerja yang solid. BRI telah melayani 34 juta Usaha Mikro dan mencatatkan laba bersih konsolidasi sebesar Rp51,41 triliun atau tumbuh 67,15 persen yoy serta total aset yang tumbuh double digit sebesar 11,18 persen yoy menjadi Rp1.865,64 triliun. Melalui pajak dan dividen, laba BRI akan kembali ke masyarakat.

Sunarso selaku Direktur Utama BRI mengungkapkan keberhasilan tersebut berkat keberhasilan menjaga bottom line kinerja perusahaan. Efisiensi utama dilakukan dengan penekanan biaya dana (Cost of Fund) melalui perbaikan funding structure peningkatan dana murah (CASA). BOPO tercatat 69,10 persen, semakin baik dibandingkan BOPO pada akhir 2021 sebesar 78,54 persen. Rasio CER juga tercatat semakin membaik dari 50,25 persen di akhir 2021 menjadi 48,16 persen di akhir 2022 dan CIR semula 48,56 persen menjadi 47,38 persen.

Faktor lain yang memberikan kontribusi besar terhadap kinerja perseroan adalah pendapatan berbasis komisi (fee-based income) yang tumbuh double digit buah dari transformasi digital. Berkat optimalisasi yang dilakukan, pendapatan recovery BRI ikut meningkat sebesar 33,59 persen yoy.

Tak hanya mementingkan profitabilitas, BRI sesuai namanya berhasil menyalurkan Kredit Usaha Rakyat (KUR) sesuai dengan breakdown atau alokasi yang ditetapkan Pemerintah yakni sebesar Rp252,38 triliun kepada 6,5 juta debitur. Penyaluran kredit ini turut berperan dalam mendorong roda perekonomian grass root serta mendukung penyediaan lapangan pekerjaan bagi masyarakat.

Sepanjang tahun 2022, BRI tak henti menjalankan proses transformasi pada aspek-aspek human capital, organisasi, teknologi informasi, jaringan, dan layanan. Misalnya dengan mengimplementasikan strategic workforce planning sebagai rencana strategis membangun kapabilitas SDM. Dukungan teknologi juga tercermin dalam pengembangan system monitoring pengembangan Human Capital, yaitu BRICORE (BRI Continuous Performance Management).

Dengan sederet capaiannya, BRI pun selama 2022 meraih berbagai penghargaan yang diperoleh, baik dari tingkat nasional maupun internasional. Di antaranya World’s Best Bank 2022 dari Forbes, The Best Bank 2022: Capital Tier 1 more than IDR 70 trillion dari Investor Magazine Award, The Best Government Bank in Service Excellence: Commercial Bank dari Infobank, dan Best Companies to Work for in Asia dari HR Asia Award 2022. Secara keseluruhan, BRI mendapatkan lebih dari 165 penghargaan atau award baik dari dalam negeri maupun luar negeri. 

Sebagai Agen Pembangunan, BRI melalui unit kerja yang tersebar di seluruh Indonesia berkomitmen tinggi dalam mendukung pembangunan dan kinerja berkelanjutan berbasis ESG (Environment, Social, and Governance). Hal ini diwujudkan dengan melalui pelaksanaan Program BRI Peduli TJSL (tanggung jawab sosial, lingkungan dan masyarakat) yang memberikan manfaat di bidang ekonomi, sosial, serta lingkungan. Perseroan juga menerapkan prinsip keberlanjutan dalam kegiatan operasional. Pada tahun 2022, BRI mulai mengimplementasikan Zero Waste to Landfill, yang merupakan pilot project program pengelolaan sampah di lingkungan kantor BRI. Pada tahun yang sama, diinisiasi pula program BRI Menanam, yang dibuat sebagai wujud nyata kepedulian terhadap lingkungan dan bentuk pengembangan serta pemberdayaan masyarakat, khususnya pelaku UMKM. (Nur A)