Menjelajah Pantai-pantai Unik di Indonesia

Oleh: Andi Nursaiful (Administrator) - 17 November 2014
Tak banyak tempat di dunia di mana Anda bisa menyaksikan perahu seolah melayang di atas air laut. Itu lantaran airnya sangat bening seperti kaca. Itulah Pantai Sulamadaha di Ternate, Maluku Utara.

Meskipun pantainya tidak berpasir putih sebagaimana pantai-pantai indah umumnya, Pantai Sulamadaha sangat elok dengan kejernihan airnya. Sampai-sampai kita seolah menyaksikan ikan-ikan berenang di dalam akuarium yang baru dibersihkan.

Di sini Anda tak perlu menggunakan alat snorkling untuk menikmati keindahan terumbu karang dan ikan-ikan koralnya. Dari atas perahu pun semua tampak sangat jelas. Lokasinya pun mudah diakses, dengan berkendara selama 30 menit dari pusat Kota Ternate.

Pantai ini menyerupai teluk kecil, mirip berbentuk huruf U. Pantainya tidak terlalu luas tapi memberi kesan private karena di sekeliling pantai ada tebing tinggi menjulang yang ditumbuhi pepohonan rindang.

Pantai berhadapan langsung dengan Pulau Hiri dengan bukit hijaunya. Dari pantainya, Bukit Hiri terlihat jelas seperti muncul dari permukaan laut.