Menjelajah Pantai-pantai Unik di Indonesia

Oleh: Andi Nursaiful (Administrator) - 17 November 2014
Dari Sulawesi Tenggara lalu ke Utara, kita menjelajah Sulawesi Tengah menuju Pantai Tanjung Api yang merupakan sebuah tanjung di Teluk Tomini, kawasan Cagar Alam Tanjung Api, sekitar 30 menit dari Kota Ampana, Sulawesi Tengah.

Sekilas, pantai ini seperti pantai-pantai alami lainnya di Indonesia. Tapi cobalah gali pasirnya sedalam 10 cm saja, lalu pantik dengan korek api maka nyala api akan menyembur dari dalam pasir. Api ini akan terus menyala karena berasal dari gas alam yang terus keluar.

Tanjung Api dikelilingi kawasan hutan tropis yang masih lengkap dengan hewan eksotis seperti anoa, babi rusa dan berbagai spesies burung. Akses menuju ke sana dapat ditempuh melalui jalan kaki melintasi kawasan hutan, atau dengan perahu tempel milik Balai Taman Nasional Kepulauan Togean, selama 30 menit dari Kota Ampana.

Sepanjang perjalanan menuju Tanjung Api, panorama bawah laut dengan terumbu karang dan padang lamun menjadi pemandangan yang luar biasa indahnya. Anda juga bisa menemui deretan rumah suku laut Orang Bajoe yang mengapung di perairan dangkal di pinggiran tanjung.