Menjelajah Pantai-pantai Unik di Indonesia

Oleh: Andi Nursaiful (Administrator) - 17 November 2014
Sumber air panas alam rasanya tak sulit ditemukan di sejumlah kawasan wisata. Tapi pantai berair panas? Yang benar saja!

Ternyata ini bukan bualan, sebab di bagian Timur Pulau Siau, Sulawesi Utara, ada pantai di berair panas sampai-sampai air lautnya mengeluarkan uap panas. Di Pantai Temboko Lehi, demikian namanya, di antara bebatuan pinggiran pantai, mengalir sumber air panas dari Gunung Api Karangetang yang langsung ke laut.

Anda tentu tak disarankan berenang di lokasi sumber air panas dengan warna air laut kehijauan ini. Ikan saja tak ada yang berani mendekat. Jika menggali pasir di pantai ini, air yang keluar dari dasar pasir akan terasa panas. Air laut yang keluar pun tidak terasa asin. Jika ingin mandi dan merasakan hangatnya Air Panas Lehi, sudah tersedia sebuah bak pemandian. Jika ingin berenang di laut, cobalah agak menjauh dari pantai agar derajat panasnya lebih berkurang.

Pantai Temboko Lehi berada di kaki gunung api aktif, tepatnya di Kampung Lehi, Kecamatan Siau Barat, Kabupaten Sitaro, kabupaten kepulauan di ujung utara Pulau Sulawesi. Untuk mencapainya, bisa dengan kapal laut dari Pelabuhan Manado ke Pulau Siau selama 4 jam perjalanan, di lanjutkan kendaraan darat 20 menit.