Menjelajah Pantai-pantai Unik di Indonesia

Oleh: Andi Nursaiful (Administrator) - 17 November 2014
Pantai ini sejatinya bernama Pantai Tangsi, dan belum sepopuler pantai-pantai lain di Pulau Lombok. Dinamai Pantai Pink karena pantai ini terletak di Dusun Temeak, Desa Serewe, Kecamatan Jerowaru, Lombok Timur, atau 82 kilometer arah tenggara Kota Mataram, ini  karena pasir putihnya bercampur serpihan terumbu karang warna merah.

Jika terkena air laut, dan sinar matahari sore atau pagi, butiran-butiran pasir halusnya berubah warna menjadi merah muda. Selain keunikan pasirnya, Pantai Tangsi juga menawarkan panorama bawah laut yang yang indah. Kurang dari 1 meter dari permukaan, Anda bisa melihat aneka terumbu karang dan anemon. Pantai ini dikelilingi tebing-tebing, dan dari atas tebing pasir berwarna merah muda akan lebih jelas terlihat.

Pantai Pink bertetangga dengan beberapa pantai di kiri-kanannya, seperti Pantai Temeak dan Pantai Colong yang juga berpasir putih. Mereka dipisahkan oleh bukit karang sehingga untuk mengunjungi dua pantai ini cukup berjalan kaki dan mendaki bukit itu.

Di dunia hanya ada beberapa pantai yang pasirnya berwarna merah muda. Di Indonesia, selain di Lombok, ada juga pantai berpasir merah muda di Pulau Komodo. Bedanya, di pulau ini pantainya jauh lebih senyap, karena masih jarang dikunjungi wisatawan.