Menjelajah Pantai-pantai Unik di Indonesia

Oleh: Andi Nursaiful (Administrator) - 17 November 2014
Nama Wakatobi sudah mendunia di kalangan para penikmat dunia bawah air sebagai destinasi diving kelas dunia di Sulawesi Tenggara. Tapi ada pantai unik di Wakatobi yang kerap luput dari perhatian. Namanya Pantai Moli Sahatu, alias Mata Air Seratus. Dikatakan begitu karena pantai ini memiliki ratusan mata air tawar di pinggir pantai.

Pantai Moli Sahatu yang berpasir putih berada di Desa Patuno, Kecamatan Wangi-wangi, Wakatobi. Dari pusat Kota Wangi-wangi, butuh sekitar 60 menit menuju pantai menggunakan kendaraan roda dua atau roda empat. Pantai ini sangat berdampingan dengan Pantai Patuno yang tak kalah indahnya.

Penduduk lokal meyakini air tawar ini membuat awet muda jika rutin diminum atau dibuat cuci muka. Mata Air Seratus juga dipercaya memiliki kekuatan mistis, yaitu bisa mengabulkan keinginan jika berendam atau mandi di mata air tersebut. Saat pasang, mata air tawar akan tertutup air laut. Sehingga saat tepat untuk mengunjunginya adalah di saat air surut.

Selain melihat mata air tawar, di lokasi tersebut kita juga dapat melakukan aktivitas lainnya seperti berenang, diving, dan snorkeling. Pantgai ini bisa diakses dari Pantai Patuno yang berjarak sekitar 300 meter. Dari kawasan Patuno Resort, Anda cukup dengan berjalan kaki menyusuri bibir pantai.