Menjelajah Pantai-pantai Unik di Indonesia

Oleh: Andi Nursaiful (Administrator) - 17 November 2014
Pantai-pantai di Indonesia tak hanya indah dan masih alami, tapi menyimpan keunikan yang tak ditemui di negeri kepulauan lain. Ada pantai yang menyemburkan api dari dalam pasir, ada pantai dengan ratusan mata air tawar di bibir pantainya, bahkan ada pantai di mana air laut justru mengalir ke sungai.

Sebagai negeri kepulauan terbesar di dunia, dengan jumlah pulau terbanyak kedua, dan garis pantai terpanjang keempat, negeri elok tempat kita berpijak ini sungguh kaya akan pantai. Lantas kenapa berpelesir jauh-jauh menikmati pantai negeri lain, jika di sini lebih alami bahkan unik?

Data Kementerian Kelautan dan Perikanan RI pada Mei 2013, menyebutkan, Indonesia sebagai negara kepulauan terbesar di dunia. Dari sisi jumlah pulau, yakni sebanyak 17.504 pulau, Indonesia menempati urutan kedua setelah Finlandia. Dari jumlah pulau di Nusantara, hanya sekitar 12,38 % atau 2.342 pulau saja yang berpenghuni. Sisanya, 87,62 % atau sebanyak 15.337, pulau tidak berpenghuni.

Hingga 2012, pemerintah Indonesia sudah mendepositkan 13.466 pulau di United Nations Conference on the Standardization of Geographical Names (UNCSGN). Pemerintah berharap tahun ini proses toponimi dan deposit nama pulau di PBB sudah rampung.

Data terakhir dari Badan Informasi Geospasial (BIG), menyebutkan, total panjang garis pantai Indonesia mencapai 99.093 kilometer, atau menempati urutan keempat terpanjang setelah Kanada, AS, dan Rusia. Sungguh anugerah tiada tara. Di bawah ini adalah sejumlah pantai unik di Indonesia yang layak untuk dikunjungi.