Menjelajah Pantai-pantai Unik di Indonesia

Oleh: Andi Nursaiful (Administrator) - 17 November 2014
Keunikan pantai ini bukan saja karena pasir putihnya yang bersih tapi juga ukuran butirannya yang nyaris sehalus tepung. National Geographic menyebut pasir Pantai Ngurbloat adalah yang paling halus di Asia.

Penduduk lokal mengenal pantai ini sebagai Pantai Pasir Panjang, lantaran garis pantainya memang sangat panjang, yaitu membentang sekitar lima kilometer dari Desa Ngilngof hingga Pantai Ngursamadan di Ohoililir, Kecamatan Kei Kecil. Pantai ini terletak di Desa Ngilngof, di bagian barat Pulau Kei Kecil, di wilayah Kabupaten Maluku Tenggara.
 
Pada saat kondisi panas terik, pasir pantainya tidak ikut menjadi panas seperti pasir-pasir pantai pada umumnya. Kelembutan pasir yang ada di Pantai Ngurbloat diyakini masyarakat hanya dapat ditandingi oleh kelembutan tepung.

Untuk mengakses Kepulauan Kei, Anda bisa menggunakan kendaraan roda empat kota Tual selama sekitar satu jam. Alternatif lain, berangkat dari Pelabuhan Yos Sudarso, Ambon, menuju Pelabuhan Tual menumpang kapal PELNI selama 18 jam.