Obsession Awards 2020; Best CEOs

Oleh: Syulianita (Editor) - 07 April 2020

Naskah: Purnomo Foto: Istimewa

 

“Sukses itu tidak ada ukurannya. Sukses adalah sebuah perjalanan yang harus dinikmati prosesnya, bukan hasilnya. Saya percaya setiap mimpi bisa diraih asalkan diperjuangkan dengan segenap hati dan pikiran, serta cara-cara positif.”

 

Frasa tersebut mengantarkan Edy mereguk sukses, betapa tidak kegigihannya dalam menikmati setiap proses yang ada berbuah manis, ia berhasil membawa Generali menjadi salah satu perusahaan asuransi terpercaya di Tanah Air. Di bawah nakhodanya, Generali berhasil meraih laba pertamanya sebesar Rp61,33 miliar pada tahun 2017 hanya dengan 8 tahun beroperasi. Sukses kinerja kembali ditorehkan di sepanjang 2018, Generali berhasil mencetak laba setelah pajak sebesar Rp179,5 miliar atau 3 (tiga) kali lipat dari tahun sebelumnya.

 

Selain pertumbuhan laba yang signifikan, total aset Generali Indonesia juga bertumbuh mencapai hampir Rp7 triliun. Pencapaian baik tersebut membuktikan komitmen Generali untuk terus tumbuh dan berinovasi memberikan perlindungan jiwa dan kesehatan terbaik bagi keluarga Indonesia. Kinerja positif juga kembali dipatri pada 2019, Generali mencetak jumlah pendapatan lebih dari Rp 2,4 triliun dan berhasil membukukan laba sebelum pajak sebesar Rp147 Miliar pada 2019, naik dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

 

Generali menutup tahun 2019 dengan pertumbuhan premi lanjutan sebesar 18% yakni sebesar 1,7 Trilliun yang membuktikan tumbuhnya tingkat kepercayaan nasabah terhadap perlindungan Generali. Dengan ekuitas pemegang saham sebesar hampir 1,2 triliun atau tumbuh 15% dari tahun sebelumnya serta rasio solvabilitas sebesar 383% atau tumbuh 30% dari tahun 2018, Generali terus akan memperkuat jalur distribusi di segala lini, baik melalui bank rekanan (bancassurance), keagenan, maupun bisnis kumpulan (group business). — (data unaudited full year 2019). 

 

Pria lulusan sarjana di Bidang Teknik Elektro dari Universitas Brawijaya, Malang, Jawa Timur, ini juga mengubah strategi perolehan pendapatan dari single premium menjadi regular premium. Edy menjelaskan, tahun lalu jenis pembayaran premi reguler sudah di posisi 94 persen. Jumlah ini melonjak tajam dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya. “Tahun lalu kami shifting premi dari single ke reguler, jadi 94 persen dari sebelumnya di 2018 itu masih 79 persen,” imbuh Edy.

Di bawah komando Edy, Generali berhasil menjadi pemain utama industri asuransi jiwa dan investasi di Indonesia dengan strategi bisnis yang terdefinisi secara jelas. Didukung oleh lebih dari 11.000 agen pemasar dan kantor agen di seluruh penjuru Indonesia, Generali berfokus pada beberapa langkah seperti pengelolaan jalur multi distribusi, pembangunan kemitraan yang seimbang berjangka panjang dengan lembaga keuangan dan distribusi umum, dan penyediaan produk-produk inovatif superior dan layanan bernilai tambah kepada nasabah.

 

Dengan nasabah sebagai fokus utama, di pasar unit link yang sangat kompetitif Generali menghadirkan fitur Robo ARMS, fitur yang mampu mengelola risiko investasi pada unit link dengan mengubah strategi portofolio secara otomatis sesuai dengan kondisi pasar dan profil risiko nasabah. Fitur ini akan bekerja untuk melindungi unit link nasabah dari kemungkinan terburuk dan mengambil keuntungan dari kemungkinan terbaik secara otomatis. 

 

Edy mengungkapkan bahwa sebagai mitra perlindungan finansial, Generali memahami dinamika dan situasi pasar yang fluktuatif serta kesibukan nasabah. “Dengan layanan ini, nasabah dapat dengan tenang berasuransi dan lebih menikmati waktu luang bersama keluarga karena unit link mereka otomatis terkendali. Berita baiknya, 90% nasabah pemegang polis unit link yang sudah mengaktifkan f itur Robo ARMS, kinerja investasinya di atas IHSG,” terangnya. Pada umumnya dibutuhkan dana kelola yang besar untuk mendapatkan personalized f inancial service, tetapi Robo ARMS Generali hadir untuk seluruh pemegang polis unit link tanpa minimum dana tertentu.

 

Dengan memonitor kondisi pasar setiap hari, unit link nasabah otomatis terkendali sesuai dengan prof il risiko dan mampu beradaptasi mengikuti kondisi pasar keuangan. Robo AMRS memproteksi berapapun aset unit link nasabah setelah menentukan prof il investasinya dan terus aktif tanpa batas waktu tertentu selama menjadi nasabah Generali.

 

“Robo ARMS merupakan layanan finansial eksklusif untuk seluruh nasabah, tanpa terkecuali. Jika diibaratkan dengan dunia fashion, Generali mampu menghadirkan produk pakaian kualitas butik dengan harga terjangkau. Dengan fitur ini, nasabah bisa dengan tenang berasuransi unit link di segala kondisi pasar dengan nyaman karena sistem kami akan memperhatikan pergerakan pasar dan mengelola investasi pada unit link masabah untuk mengoptimalkan nilainya,” imbuhnya.

 

Generali juga memperkenalkan DNA Journal, tes DNA gratis untuk nasabah yang dapat memberikan analisa variasi genetik dan memberikan informasi akurat mengenai kebutuhan nutrisi & vitamin, tipe olahraga yang sesuai, serta profil tidur dan tingkat ketahanan terhadap stres berdasarkan DNA masing-masing. Keseluruhan analisa ini bisa didapatkan hanya dengan memberikan sampel air liur.

 

Rangkaian Generali DNA Journal juga akan memberikan kesempatan bagi nasabah untuk mendapatkan konsultasi gratis dengan para ahli, baik dokter, nutrisionist, atau fitness coach, yang akan membantu menginterpretasikan hasil analisa dan mendiskusikan alternatif solusi terbaik untuk hidup yang lebih sehat. Laporan hasil analisis DNA ini akan dikirimkan dalam bentuk jurnal kesehatan digital yang bersifat personal dan rahasia.

 

“Melalui DNA Journal, kami ingin nasabah bisa terus sehat, panjang umur dan memiliki hidup berkualitas, sesuai dengan kebutuhan tubuh mereka masing-masing, sehingga nantinya mereka bisa bahagia menikmati setiap waktu berharga bersama keluarga. Ini merupakan upaya kami untuk terus mewujudkan visi yang fokus dalam membentuk masa depan nasabah - enable people to shape a safer future by caring for their lives and dreams.” papar Edy. Untuk memberikan kemudahan dan pelayanan 24 jam bagi nasabah, aplikasi Gen iClick Generali hadir untuk membantu nasabah melihat informasi data polis, pengajuan & tracking status klaim secara online, laporan transaksi terkini, menemukan daftar rekanan rumah sakit, memantau kinerja polis unit link dan masih banyak fungsi lainnya.

 

Menutup pembicaraan, Edy menuturkan, kesuksesan yang diraih Generali tak lepas dari oleh penguatan bisnis yang dilakukan, melalui inovasi berkesinambungan baik dari sisi produk maupun layanan yang telah dihadirkan. ”Meskipun persaingan industri asuransi jiwa saat ini sangat ketat, hal ini tidak menyurutkan ambisi Generali untuk terus bertumbuh. Melalui produk-produk inovatif yang mampu mengoptimalkan investasi, rangkaian perlindungan kesehatan dan life benef it, kami terus fokus untuk menjawab kebutuhan nasabah dan melakukan differensiasi produk sebagai kunci sukses dan faktor pembeda di pasar asuransi,” pungkasnya.