Obsession Awards 2020; Best CEOs

Oleh: Syulianita (Editor) - 07 April 2020

Naskah: Gia Putri Foto: Fikar Azmy

 

Lebih dari tiga dasawarsa berkiprah menjadi bankir di Citi, Batara Sianturi patut disebut sebagai salah satu bankir bertangan dingin di tanah air. Sebagai Chief Executive Officer, prestasinya terbilang mumpuni dengan kinerja positif Citi Indonesia dalam berbagai lini yang menjadi fokus utama dari bank, antara lain Consumer Banking dan Institutional Banking.

Setelah sebelumnya berkarir sebagai CEO Citi Hungaria dan Citi Filipina, pada tahun 2015 Batara kembali ke Indonesia, ditunjuk untuk menjadi nakhoda dari Citi Indonesia. Di bawah kepemimpinan Batara, perusahaan memiliki komitmen guna memberikan pengalaman perbankan terbaik bagi para nasabah dengan mengedepankan inovasi dan digitalisasi.

 

“Dalam beberapa tahun terakhir, kami secara konsisten memperkenalkan produk dan layanan perbankan yang inovatif dan customer-friendly guna mempermudah para nasabah kami dalam menjalankan kegiatan perbankan sehari-hari. Di 2020, strategi dan aspirasi kami tetap sama, yaitu menekankan pada digitalisasi produk dan layanan perbankan terdepan, sejalan dengan permintaan nasabah kami yang terus meningkat,” ujar Batara. 

 

Contohnya, di lini Consumer Banking misalnya, Citi Indonesia selalu berusaha menawarkan pola pikir Mobile-First dan membangun platform digital yang solid bagi para nasabah di seluruh pilar bisnis, antara lain Retail Banking, Credit Cards, dan Wealth Management. Di Retail Banking, Citi Indonesia telah berhasil dalam mengubah perilaku nasabahnya, dari yang dahulu terpusat pada mengunjungi cabang untuk beralih ke penggunaan aplikasi Citi Mobile. Hal ini memungkinkan mereka untuk melakukan transaksi perbankan dengan nyaman, melalui smartphone nasabah.

 

Baru-baru ini, Citi Indonesia juga merelokasi kantor cabang Kebon Jeruk ke lokasi yang baru. Dengan konsep smart branch, para nasabah
di wilayah Kebon Jeruk, kini dapat menikmati layanan perbankan yang mengesankan, dihasilkan melalui proses yang seamless dan kemampuan digital kelas dunia, dikenal sebagai Citi Signature Experience. Beberapa peningkatan fasilitas antara lain: dinding marketing digital, dinding informasi interaktif, ruang rapat dengan fasilitas konferensi video dilengkapi layar LED, dan pengalaman berkesan khas Citigold Lounge dengan desain konsep baru yang artistik. “Cabang ini tidak hanya menggunakan teknologi digital, tetapi juga memberikan kemudahan bagi nasabah, karena lokasinya mudah dicapai, berbagai f itur yang tersedia, dan desain yang spatial,” terang Batara.

 

Tak kalah pentingnya, kantor cabang Kebon Jeruk kini dirancang dengan cermat sebagai kantor ramah lingkungan untuk memenuhi spesifikasi kriteria LEED (Leadership in Energy and Environmental Design) yaitu penghematan energi, efisiensi air, dan penggunaan material ramah lingkungan.

 

Di Kartu Kredit, Citi Indonesia bekerja sama dengan Visa, akan menerbangkan 14 nasabah beserta masing-masing satu pendamping mereka (total 28 orang) guna menghadiri dan merasakan secara langsung kegembiraan Olimpiade Tokyo 2020 melalui kampanye ‘Menangkan 28 Paket ke Olimpiade Tokyo 2020. Persembahan Visa’. Pemenang kampanye ini akan menikmati pengalaman berharga termasuk menonton Olimpiade Tokyo 2020 secara langsung, dari stadion tempat penyelenggaraan.

Dalam Wealth Management, Citi Indonesia mendapatkan penghargaan internasional dengan dianugerahi sebagai ’Wealth Management Platform of the Year di Indonesia’ dari majalah Asian Banking and Finance. Di lini Institutional Banking, bisnis Global Subsidiaries Group (GSG) mencatatkan peningkatan pangsa pasar sebesar double digit di segmen Multi- National Corporations (MNCs) melalui inisiatif Asia-to-Asia. Dengan koridor- koridor utama, seperti Cina-Indonesia, Taiwan-Indonesia, Korea-Indonesia, dan Jepang-Indonesia. Sementara, Bisnis Treasury and Trade Solutions (TTS) memenangkan penghargaan bergengsi dari majalah Global Finance pada tahun 2019 sebagai ‘Best Corporate/Institutional Digital Bank di Indonesia’.

 

Bisnis Corporate and Investment Banking terus menyediakan produk maupun layanan dengan nilai tambah bagi para klien institusional, termasuk berpartisipasi dalam pasar modal global. Konsistensi Citi Indonesia dalam rangka mempersembahkan yang terbaik bagi para nasabahnya pun membuahkan hasil dengan diterimanya beberapa penghargaan, baik di skala regional maupun dalam negeri.

 

Memasuki awal tahun 2020, Citi Indonesia kembali menorehkan prestasi dengan memenangkan penghargaan dari majalah The Asset dalam acara tahunannya, yaitu Triple A Country Awards, sebagai ‘Best Bank-Global di Indonesia’ untuk yang ke-18 kalinya secara berturut-turut dan ‘Best Bond Adviser-Global’ di Indonesia untuk ketiga kalinya secara berturut-turut.

 

Fokus Citi Indonesia dalam digitalisasi dan inovasi juga memperoleh pengakuan dari the Asset, yaitu berhasil meraih penghargaan sebagai ‘Digital Bank of the Year in Indonesia’ selama tahun ketiga secara berturut-turut. “Kami sangat bangga bahwa kerja keras kami berhasil memperoleh pengakuan dari publikasi bertaraf internasional seperti the Asset. Penghargaan ini akan memotivasi kami guna memperkuat posisi Citi di Indonesia sebagai bank berskala global yang beroperasi di lebih dari 160 negara dan yurisdiksi, melalui produk dan layanan perbankan yang inovatif,” ungkap peraih penghargaan salah satu ‘Bankers of the Year 2019’ tersebut dengan optimis.

 

Hingga triwulan ketiga 2019, Citi Indonesia berhasil membukukan laba bersih sebesar Rp2,4 triliun, meningkat sekitar 70%, jika dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun 2018. Pertumbuhan laba bersih berkontribusi terhadap peningkatan rasio Return on Equity (ROE) menjadi 19,14%, meningkat dari 11,55% pada triwulan ketiga 2018. Lalu, Return on Asset (ROA) meningkat menjadi 4,82% tumbuh dari 3,02% pada periode yang sama tahun lalu. “Kami akan terus berkomitmen untuk tumbuh dan bertekad memajukan perekonomian di Tanah Air, dengan menjadi yang terbaik bagi para klien kami,” tambah Batara penuh semangat.