MO Decade 2004-2014: 10 Dewa Abad Modern

Oleh: Andi Nursaiful (Administrator) - 02 January 2014
7. Media Sosial
Sejak kehadiran media sosial, manusia memiliki dunia baru yang nonfisik, yakni masyarakat dunia maya. Media sosial adalah media online dengan para penggunanya bisa dengan mudah berpartisipasi, berbagi, dan menciptakan isi, baik itu berupa blog, jejaring sosial, wiki, forum, hingga dunia virtual.

Dari semua bentuk media online itu, blog, jejaring sosial, dan wiki merupakan bentuk media sosial yang paling umum digunakan oleh masyarakat di seluruh dunia.

Kaplan dan Haenlein pada 2010 mengklasifikasi berbagai jenis media sosial, yakni proyek kolaborasi (contohnya, wikipedia), blog dan microblog (twitter), konten (youtube), situs jejaring sosial (facebook), virtual game world (game online), dan virtual social world (second life).

Sejak kehadiran sejak Friends Reunited pada1988), media online pertama yang bisa disebut media sosial, penggunanya terus berlipat dari tahun ke tahun, termasuk di Indonesia. Menurut Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo), hingga November 2013, pengguna internet di Indonesia mencapai 63 juta orang di mana 95 persennya menggunakan internet untuk mengakses jejaring sosial.

Situs jejaring sosial yang paling banyak diakses adalah Facebook dan Twitter, di mana Indonesia menempati peringkat 4 pengguna facebook terbesar setelah USA, Brazil, dan India, dan nomor 5 terbesar pengguna twitter di dunia. Pihak Facebook menyebut pengguna facebook per hari asal Indonesia mencapai angka 33 juta orang, dengan pengguna aktif bulanan mencapai 65 juta orang. Ini adalah bagian dari 1,15 miliar pengguna di seluruh dunia per Juni 2013.