MO Decade 2004-2014: 10 Dewa Abad Modern

Oleh: Andi Nursaiful (Administrator) - 02 January 2014
3. Minyak
Tahukah Anda bahwa konflik lokal di berberapa nebara, konflik antarnegara, hingga, peta politik dunia di abad modern ini, sedikit banyaknya dipenmgaruhi oleh minyak?

Ya, minyak bumi telah menjadi pemicu dan faktor pendorong perebutan pengaruh dan kekuasaan di sepanjang sejarah abad modern. Meski teknologi sudah berusaha keras menciptakan pengganti minyak bumi sebagai bahan bakar, sisa-sisa fosil yang terbatas itu tetap didewakan hingga saat ini.

Setiap kali terjadi krisis harga minyak, dunia lantas terancam. Minyak telah menjadi kebutuhan primer berbagai belahan dunia saat ini, meskipun sudah dihadapkan pada situasi kelangkaan.

Dalam konteks ekonomi politik keberadaan minyak dapat pula dikaitkan dengan kondisi politik di suatu negara. Menurut Tsui (2006), persediaan minyak rata-rata mempengaruhi tingkat demokrasi suatu negara. Di negara-negara penghasil minyak, potensi konflik menjadi lebih besar. Singkatnya, minyak masih menjadi "The Godfather" dalam perspektif ekonomi dunia.

Jatuhnya sejumlah rezim di negara-negara Timur Tengah dan Afrika, mulai dari Saddam Hussain, Moammar Khadaffi, hingga Hosni Mubarak, konon juga dilatari oleh berbagai konspirasi negara-negara tertentu untuk menguasai sumber minyak.