MO Decade 2004-2014: 10 Dewa Abad Modern

Oleh: Andi Nursaiful (Administrator) - 02 January 2014
10. K-Pop
Lahir dari rahim industri musik Korea Selatan pada era 2000-an, K-Pop atau Korean Pop kini merambah dunia dan melahirkanb budaya kontemporer yang mengglobal, budaya K-Pop.Histeria dan kegandrungan remaja dunia akan musik K-Pop dan budaya K-Pop, sesungguhnya merupakan bagian yang tak terpisahkan dari Demam Korea (Korean Wave atau Hallyu Wave) di berbagai negara.

Berbeda dengan budaya pop Jepang yang hanya menjangkau anak-anak dan remaja, budaya pop Korea mampu menjangkau segala usia, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Berbagai produk budaya Korea mulai dari drama, film, lagu, fashion, hingga produk-produk industri tidak hanya mewabah di kawasan Asia tetapi sudah merambah ke Amerika dan Eropa.

Pengaruhnya terhadap dunia hiburan dan budaya modern sulit dihindari. Terutama sejak lima tahun terakhir, demam K-Pop kian meluas ibarat virus, yang ditularkan oleh grup seperti Super Junior, Girls Generation, Big Bang, 2PM, Wonder Girls, dan lain sebagainya.



Mereka dikagumi, dicintai, dipuja, lalu ditiru habis-habisan. Di Tanah Air, muncullah K-Pop lokal lokal, seperti, Sm*sh,7 Icon, Chibi, Xi-Xo, JKT48, dan seterusnya. Ketika Wonder Girls melejit dengan lagu lagu Nobody, para cewek ABG pun meniru gaya mereka, mengenakan rok mini superketat plus high heels.