MO Decade 2004-2014: 10 Dewa Abad Modern

Oleh: Andi Nursaiful (Administrator) - 02 January 2014
6. Internet
Sejak keberadaan internet, dunia seolah sudah tak berbatas. Hanya dengan satu sentuhan, orang bisa menjelajah seluruh dunia. Kehadiran internet pun mengubah wajah dunia dan perjalanan sejarah manusia.

Dikembangkan pertama kali pada 1969 untuk kepentingan militer, kini internet sudah diakses oleh sedikitnya 2,4 milyar orang (Mei 2013). Terutama sejak Tim Barners Lee berhasil menciptakan program browser pada 1990 yang dinamakan world wide web (WWW).

Internet bukan saja memudahkan manusia dalam hal akses informasi, namun budaya internet yang lahir kemudian, telah mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan manusia modern. Baik itu perkembangan fisik, kognitif, emosional, hingga sosial. Cobalah hitung berapa waktu yang Anda habiskan untuk mengakses internet, dan bayangkan juga hidup modern Anda tanpa kehadiran internet.

Hingga bulan Juli 2013, Indonesia tercatat sebagai negara terbesar ke-8 dalam hal jumlah pengakses internet di dunia. Menurut data Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), jumlah pengguna internet pada akhir 2013 di Indonesia diperkirakan sebanyak 80 juta orang, di mana 65% di antara mengakses internet dari smartphone.