MO Decade 2004-2014: 10 Dewa Abad Modern

Oleh: Andi Nursaiful (Administrator) - 02 January 2014
2. Kapitalisme
Inilah ideologi abad modern yang menjadi pemenang dalam pertarungan melawan dua ideologi besar lainnya, sosialisme dan komunisme. Dimotori oleh Adam Smith pada abad ke-16, kapitalisme adalah suatu paham yang meyakini bahwa pemilik modal bisa melakukan usahanya untuk meraih keuntungan sebesar-besarnya. Demi prinsip tersebut, maka pemerintah tidak dapat melakukan intervensi pasar guna keuntungan bersama.

Istilah kapitalisme sendiri pertama kali dipekenalkan oleh Louis Blanck (1811-1882), sebagai satu revolusi fundamental dalam perkembangan masyarakat modern. Kapitalisme kemudian berkembang menjadi sistem ekonomi yang paling menonjol di dunia. Bersama dengan imperialisme, kapitalisme telah membentuk ekonomi dunia.

Dalam perkembangannya, kapitalisme mampu menjelma menjadi satu pola pikir global yang dianut oleh sebagian besar negara di dunia.Sistem ekonomi dari banyak negara yang dikategorikan sebagai negara maju, sebagian menggunakan sistem kapitalisme.

Tesis Francis Fukuyama (1992) dalam bukunya, The End of History and The Last Man menyatakan bahwa akhir dari perjalanan sejarah ditandai oleh berakhirnya persaingan antarideologi dunia dengan kemenangan pada demokrasi liberal yang didukung oleh kapitalisme global. Ini membuktikan begitu kuatnya pengaruh kapitalisme dalam sendi-sendi kehidupan masyarakat dunia dewasa ini.