Pahlawan-pahlawan Terlupakan

Oleh: Andi Nursaiful (Administrator) - 10 November 2013
Ia memang tidak seterkenal dan sefenomenal tokoh-tokoh besar sekelas Bung Karno, Bung Hatta, Panglima Sudirman, bahkan Pangeran Diponegoro. Tapi perjuangan dan jasanya sangat besar, terlebih saat-saat menjelang Indonesia merdeka.

dr. Kanjeng Raden Tumenggung (KRT) Radjiman Wedyodiningrat, lahir di Yogyakarta pada 21 April 1879, datang dari keluarga rakyat biasa. Meski begitu, ia tak patah semangat untuk mengenyam pendidikan hingga berhasil menjadi dokter. Radjiman adalah dokter sekaligus tokoh pergerakan. Perannya sangat menonjol menjelang kemerdekaan Indonesia. Khususnya ketika bangsa Indonesia sedang merumuskan dasar negara yang akhirnya disebut Pancasila.
       
Peran dan jasanya dianggap setara dengan Bung Karno, Bung Hatta, Mohammad Yamin, Dr. Wahidin Sudiro Husodo, HOS Cokroaminoto, dan sejumlah pahlawan nasional lainnya.Atas berbagai jasanya, ia banyak diusulkan oleh berbagai pihak untuk menjadi pahlawan nasional.

Radjiman tercatat sebagai satu-satunya orang yang terlibat secara akif dalam kancah perjuangan sejak munculnya Boedi Utomo hingga pembentukan Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKl). Puncak peranannya, ketika ia ...