Kabinet Ahli Rekomendasi Men's Obsession

Oleh: Benny Kumbang (Editor) - 16 July 2014
Naskah: Giattri FP. Foto: Istimewa
Ia dikenal sebagai ekonom, aktivis, dan politisi yang memiliki integritas tinggi. Perjalanan hidupnya penuh kisah. Dilahirkan sebagai keponakan Adam Malik, Wakil Presiden Republik Indonesia ketiga, lantas tak membuat masa kecilnya bergelimang harta. Pria kelahiran Bandung, 6 November 1959, ini, justru menjalani kehidupan berat dan susah. Itu sebabnya, kini ia begitu giat memberikan pendapat dan buah pikirannya yang menggunakan teropong ekonomi-politik di media massa dan jurnal untuk memperbaiki kehidupan bangsa Indonesia.

Ia adalah Faisal Batubara yang dikenal dengan sebutan Faisal Basri. Basri merupakan nama ayah Faisal (Hasan Basri Batubara) yang ia lekatkan kepada dirinya sebagai salah satu bentuk penghargaan kepada ayahnya. Nama Faisal Basri pertama kali ia gunakan saat menulis sebuah kolom berjudul Reaganomics yang dimuat di sebuah harian nasional pada 1980-an. Nama itulah yang akhirnya membuatnya harus memiliki integritas tinggi.

Ia tidak ingin mencoreng nama sang ayah yang telah mengajarkannya tentang hidup yang benar. Karena itu, tidak heran jika sepak terjang ekonom UI ini identik dengan bentuk perlawanan. Seperti beberapa waktu lalu, ia mengajukan diri menjadi salah satu kandidat gubernur DKI Jakarta dengan menggandeng Biem Benyamin, putra tokoh Betawi Benyamin Sueb dari jalur independen. “Saya maju untuk melakukan perubahan,dengan cara-cara berpolitik yang tidak mengandalkan kekuatan dominan,” tegasnya.