Para Debuters di Geneva

Oleh: Andi Nursaiful (Administrator) - 15 April 2014
Koenigsegg One:1
Bertepatan dengan ulang tahun ke-20 Koenigsegg, pabrikan supercar asal Swedia itu memperkenalkan Koenigsegg One:1 di ajang Geneva Motor Show 2014. Konon, inilah calon mobil tercepat dunia.

Konon, untuk setiap satu kilogram bobot Koenigsegg, mesinnya menghasilkan jumlah daya yang setara. Dengan daya 1.340hp atau setara satu megawatt, boleh dikata inilah megacar pertama di dunia.

Koenigsegg One: 1 memang dirancang dengan satu tujuan: untuk menjadi mobil tercepat, mengalahkan rekor kecepatan dunia 415,2km/jam yang diraih Bugatti Veyron Super Sports.

Kecepatan super diperoleh berkat penghematan bobotnya yang cerdas dan deatail, seperti roda serat karbon berongga Aircore, sasis serat karbon yang 20 persen lebih ringan, banyaknya komponen alumunium dan titanium yang dicetak 3D secara khusus,  serta bagian bodi ringan guna mempertahankan massanya hingga minimum.

Daya massif 1.340hp didapat dari mesin turbocharger ganda V8 5,0 liter biasa dari Koenigsegg Agera R, yang dimodifikasi dan dikondisikan untuk sedikit lebih kuat, yakni menambah 200 hp lagi. Menggunakan bahan bakar 100 persen bioetanol E100, Koenigsegg One: 1 jelas ramah lingkungan.

Seperti standar Agera R, Koenigsegg One: 1 memiliki interior sangat nyaman. Semuanya dilapisi bahan Alcantara atau kulit yang rapi dan ada banyak bahan serat karbon lainnya di dalam kabin, termasuk roda kemudi dan kursi model balap.