Para Debuters di Geneva

Oleh: Andi Nursaiful (Administrator) - 15 April 2014
Naskah: Andi Nursaiful/berbagai sumber, Foto: Dok. MO/Istimewa

Untuk ke-84 kalinya, pameran otomotif tertua dan paling bergengsi, The International Geneva Motor Show kembali digelar. Berlangsung di Geneva Palexpo, 6-16 Maret 2014, lantai pameran dipenuhi para ‘debuters’ yang tampil untuk kali pertama di depan publik. Berikut ini beberapa di antaranya:


Ferrari California T
Inilah varian supercar terbaru milik si Kuda Jingkrak asal Italia, Ferrari. Ajang Salon International de l'Auto (nama lain Geneva Motor Show) menjadi lokasi kelahirannya di depan publik.

California yang merupakan salah satu produk paling terjangkau Ferrari kini mengganti mesinnya dengan unit yang dilengkapi turbo. Huruf “T” mewakili kata “Turbo.”

Ferrari membenamkan mesin V8 Turbo direct injection 3.855 cc yang mampu memompa tenaga sebesar 560 dk dan torsi maksimum 755 Nm. Dengan mesin ini, Ferrari California T diklaim mampu melesat dari posisi diam hingga kecepatan 100 km/jam dalam waktu hanya 3,6 detik.

Mesin mesin V8 Turbo mengadopsi DNA mobil F1 Ferrari, yang diaplikasikan untuk mengurangi konsumsi bahan bakar dan emisi gas buang (CO2). Mesin ini membuat konsumsi bahan bakar turun sekitar 15% namun torsi meningkat sebanyak 49%, dan emisi gas buang turun hingga 250g/km.

Selain itu ada pula teknologi F1 Ferrari yang ada di California T, seperti, penerapan low inertia twin scroll turbin yang menghasilkan respon tenaga yang benar-benar tajam dan sensitif. California T juga memiliki evolusi terbaru dari sistem kontrol traksi F1-Trac untuk akselerasi yang maksimal saat di tikungan.