Obsession Awards 2021 - Best CEOs

Oleh: Syulianita (Editor) - 26 December 2021

Edy Tuhirman (Direktur Utama PT Asuransi Jiwa Generali Indonesia)

Naskah: Imam Fathurrohman Foto: Istimewa

Upaya untuk lebih adaptif di tengah situasi pandemi Covid-19 menjadi cara efektif saat ini. Demikian strategi yang diterapkan CEO Generali, Edy Tuhirman, sehingga PT Asuransi Jiwa Generali Indonesia (Generali Indonesia) yang dipimpinnya meraih pencapaian yang luar biasa sejak awal tahun 2021. Capaian perseroan hingga kuartal III/2021 tersebut ditandai dengan total pendapatan sebesar Rp2,394 triliun atau tumbuh 58,08% (year on year), dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya Rp1,514 triliun. Total premi yang berhasil dihimpun sejumlah Rp2,21 triliun dan klaim premi yang dibayarkan sebesar Rp773,94 miliar. Peningkatan premi antara lain didorong meningkatnya awareness masyarakat akan pentingnya asuransi, sebagai dampak pandemi.

Lewat tangan dingin Edy Tuhirman, PT Asuransi Jiwa Generali Indonesia saat ini menjadi perusahaan asuransi jiwa terkemuka di Indonesia. Pria kelahiran 1964 ini menjadi Presiden Direktur Generali Indonesia dari awal terbentuk, yaitu 2008 hingga saat ini. Berpengalaman selama puluhan tahun di sektor keuangan berhasil membawa Generali Indonesia menjadi salah satu perusahaan asuransi besar di Indonesia. Edy sebelumnya pernah memiliki pengalaman di industri asuransi, perbankan, pasar modal, dan tata kelola perusahaan nasional maupun multinasional seperti Bank Danamon Indonesia, Citibank, Amex, dan AIG.

Tak hanya itu, di bawah kepemimpinan Edy, Generali Indonesia fokus berinovasi dengan memberi solusi pasti bagi nasabah. Inovasi telah menjadi DNA perusahaan ini sejak hadir di Indonesia. Dengan fokus pada kebutuhan nasabah dengan tetap melihat perkembangan dan peluang pasar, Generali berupaya selalu menghadirkan ragam produk yang mampu menjawab kebutuhan masyarakat. Salah satunya melalui pengembangan produk untuk keluarga muda Indonesia.

Edy berhasil menjadikan Generali Indonesia sebagai pemain utama industri asuransi jiwa dan investasi di Indonesia dengan strategi bisnis yang terdefinisi secara jelas. Didukung lebih dari 11.000 agen pemasar dan kantor agen di seluruh penjuru Indonesia, Generali berfokus pada beberapa langkah, seperti pengelolaan jalur multi distribusi, pembangunan kemitraan seimbang berjangka panjang dengan lembaga keuangan, distribusi umum, dan penyediaan produk-produk inovatif superior, serta layanan bernilai tambah pada pelanggan.

Dengan pelanggan sebagai fokus utama, Generali Indonesia menyediakan produk sesuai dengan kebutuhan finansial dan kemudahan bagi pelanggan yang merupakan kunci utama pelayanan. Hal ini terbukti dengan adanya layanan-layanan digital, seperti iSERVICES, iCONNECT, dan iCLICK. Generali Indonesia juga memiliki Robo ARMS (Robo Auto Risks Management System), yaitu sistem manajemen risiko otomatis yang diciptakan oleh anak bangsa guna membantu kebutuhan finansial nasabah. Kinerja Robo ARMS terbukti efektif mengoptimalkan unit link nasabah hingga 30 September 2021 berhasil menyumbangkan 97% dari kinerja porsi investasi.

Di tengah pandemi Covid-19, Generali Indonesia masih terus melakukan inovasi dan meluncurkan inovasi terbaru lainnya yakni produk berbasis unit link GenSMART dan aplikasi digital iPropose. Lewat dua produk tersebut Generali memantau pergerakan kebutuhan nasabah dan masyarakat untuk dapat memberikan solusi yang tepat.