5 Perusahaan Terbaik Berbasis Kepuasan Pelanggan

Oleh: Benny Kumbang (Editor) - 21 September 2015

Naskah: Sahrudi, Foto: Dok. MO/Istimewa

Banyak perusahaan asuransi kendaraan bermotor, tapi hanya sedikit yang memiliki inovasi untuk meningkatkan kepuasan pelanggan. Garda Oto adalah satu dari sedikit perusahaan asuransi kendaraan bermotor yang sangat inovatif untuk memanjakan dan memberikan rasa aman kepada pelanggan.

Tak berlebihan bila Garda Oto selalu diganjar penghargaan oleh Indonesian Customer Satisfaction Award (ICSA) untuk kategori asuransi mobil.  Pasalnya, perusahaan yang memiliki visi; We Bring Peace of Mind to Millions dan core value Customer First rajin menggali kebutuhan pelanggan untuk terus berupaya meningkatkan semua aspek layanan agar pelanggan merasakan pengalaman sehingga pelanggan benar-benar bisa membuktikan tagline Garda Oto,  Don’t Worry Be Happy.


Bagi Garda Oto, memuaskan pelanggan adalah sesuatu yang tak bisa ditawar lagi. Karena itu, sejak berdiri hingga sekarang, perusahaan ini sudah banyak menciptakan inovasi-inovasi yang sangat concern kepada pelanggan. Contohnnya produk Garda Mobile Otocare (GMO), yang merupakan aplikasi yang dapat dimanfaatkan oleh smartphone berbasis Android ataupun iOS, dan dapat diunduh secara gratis.


GMO hadir untuk menjawab harapan  pengendara mobil yang mendambakan keamanan serta kenyamanan saat berkendara dengan menyinergikan antara kondisi kendaraan yang digunakan dengan komponen-komponen pelangkapnya.

GMO sendiri bisa dimiliki oleh para pengendara baik pengguna asuransi Garda Oto atau bukan. Dengan mengunduh Garda Mobile Otocare, pengguna bisa mendapatkan informasi dan layanan Asuransi Astra dalam satu aplikasi.


Garda Mobile Otocare dibuat sebagai komitmen Asuransi Astra untuk memberikan layanan terbaik dan semakin dekat dengan pelanggan. Melalui aplikasi ini, Garda Oto berharap akan menghilangkan jarak dan waktu antara Garda Oto dengan pelanggan karena aplikasi ini selalu ada di saku pelanggan selama 24 jam. Betapa tidak, karena aplikasi ini mengusung berbagai fitur seperti pengingat jatuh tempo polis asuransi, servis berkala mobil, tanggal jatuh tempo SIM dan STNK, serta estimasi biaya bahan bakar harian. Di samping itu, para pengguna juga tidak perlu khawatir jika terjebak dalam kondisi darurat. Garda Mobile Otocare dilengkapi dengan informasi fasilitas umum penting dan terdekat dengan pengguna kendaraan seperti kantor cabang Asuransi Astra, Garda Center, rumah sakit, apotek, SPBU, serta posko mudik lebaran periode ini.


Selain itu, aplikasi ini dilengkapi dengan fitur Call Garda Akses 1 500 112 untuk mempermudah pengguna menghubungi Asuransi Astra guna mendapatkan informasi layanan maupun bantuan darurat. Fitur inbox untuk mempermudah penerimaan informasi Garda Oto, dan fitur knowledge sebagai penambah wawasan berkendara aman. Khusus pelanggan Garda Oto, disediakan fitur Garda Oto Claim sebagai alternatif lain layanan pengajuan klaim.


Garda Oto terus melakukan branding dengan memperhatikan tiga komponen. Pertama, adalah people yang meliputi perbaikan dan peningkatan kualitas sumber daya manusia. Kedua, yaitu proses, yakni pelayanan yang baik atau program-program yang digelar. Terakhir, adalah portofolio, yaitu macam-macam layanan yang disediakan Garda Oto untuk para konsumen. Dengan mensinergikan ketiga hal tersebut, Garda oto akan menghasilkan pelayanan yang baik, sehingga nantinya bisa menjadi produk yang dibicarakan. Konsep tersebut telah diterapkan sejak Garda Oto berdiri pada tahun 1995 dan terbukti manjur karena perusahaan asuransi lokal itu pun sukses memenangkan persaingan dengan perusahaan asuransi mobil top lainnya.


Inovasi terus dilakukan untuk terus mempermudah pelaporan klaim dan pelanggan bisa mengakses Garda Akses yang merupakan layanan Call Center 24 jam. Bahkan Pelanggan dapat melakukan pelaporan klaim pada hari Sabtu dan Minggu, meski Garda Oto sendiri hanya beroperasi di hari kerja. Perkembangan juga terus terjadi dalam penambahan booth. Dimana kini Garda Oto telah memiliki kurang lebih 14 booth.