5 Perusahaan Terbaik Berbasis Kepuasan Pelanggan

Oleh: Benny Kumbang (Editor) - 21 September 2015

Naskah: Andi Nursaiful, Foto: Dok. Humas BTN

Seiring perkembangan kebutuhan masyarakat yang kian luas, Bank BTN tak henti berinovasi demi melayani kebutuhan para nasabahnya. Inovasi produk dan kualitas layanan, adalah kata kunci bagi perusahaan ini.

Komitmen teguh untuk melayani segala kebutuhan nasabah dan masyarakat luas dengan kualitas layanan prima, sukses mengantar Bank BTN meraih predikat “Golden” kategori Priority Banking melalui produk BTN Prioritas, dalam ajang “Service Quality Award 2015” yang digagas Majalah Service Excellent bekerja sama dengan Carre-Center for Customer Satisfaction & Loyalty (Carre-CCSL).


Penghargaan diterima oleh Managing Director Funding and Distribution Bank BTN, Sis Apik Wijayanto, pada acara malam penganugerahan di Hotel Mulia Jakarta, 22 Mei 2015 lalu. Bagi Sis Apik, penghargaan tersebut adalah simbol kepercayaan pelanggan atas kualitas layanan perusahaan.


Penghargaan ini menjadi salah satu bukti keseriusan perusahaan dalam mengembangkan bisnis Priority Banking melalui BTN Prioritas, sebuah produk unggulan yang sepenuh hati melayani kebutuhan nasabah berdasarkan konsep one stop services.


 Berkat kualitas layanan dan ragam produk inovatifnya, tingkat kepercayaan terhadap Bank BTN pun semaklin tinggi, termasuk kepercayaan nasabah lembaga, instansi, dan perusahaan. Demi  memudahkan nasabah lembaga dalam melakukan transaksi dengan aman dan nyaman, Bank BTN juga menghadirkan fasilitas one stop service.


Produk dan jasa layanan nasabah lembaga didesain khusus untuk memenuhi kebutuhan perusahaan, karyawan, dan mitra bisnis perusahaan, demi menunjang kelancaran dan pengembangan bisnis perusahaan, baik dalam pengelolaan dana operasional perusahaan hingga penyaluran serta pembiayaan KPR untuk karyawan.


Sejumlah varian produk untuk memberikan fasilitas layanan lebih kepada nasabah lembaga, dirancang berbasis giro. Antara lain, Program Pengembangan Operasional (PPO) bagi lembaga yang telah bekerja sama pengelolaan dana operasionalnya dengan Bank BTN, layanan Cash Management System (CMS) untuk swakelola transaksi perbankan melalui koneksi internet, serta layanan ePayment secara online real time melalui delivery channel loket, ATM ataupun internet banking kepada nasabah.


Layanan ini juga bermanfaat untuk membantu mengelola berbagai pembayaran dan tagihan, antara lain, tagihan gas rumah tangga, pajak daerah, pembelian produk-produk Pertamina, tagihan PDAM, tagihan rumah sakit, hingga iuran premi BPJS ketenagakerjaan dan BPJS Kesehatan.


Di bidang pendidikan, Bank BTN bekerjasama dengan Kementerian Pendidikan dalam hal penyaluran dana beasiswa bagi mahasiswa (Bidikmisi) maupun penyaluran dana biaya operasional sekolah (BOS). Untuk lembaga pemerintah pusat dan daerah, Bank BTN menggandeng Kementerian Keuangan dalam penyaluran dana APBN dan non-APBN untuk mitra Satuan Kerja (Satker) seluruh Indonesia, melalui Aplikasi Sistem Perbendaharaan dan Anggaran Negara (SPAN).


Kerja sama juga telah terjalin dengan kementerian dan kepolisian dalam penyaluran gaji dan tunjangan kinerja pegawai. Untuk menjangkau layanan sampai pelosok desa, Bank BTN menggunakan jaringan kantor pos yang sudah online dengan Bank BTN dan tersebar di seluruh Indonesia.


Tahun ini Bank BTN terus mengembangkan sinergi dengan perusahaan BUMN lainnya demi melayani masyarakat luas. Bersama PT Pos Indonesia (Persero) dan PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom), Bank BTN memasarkan Tabungan BTN Mencerdaskan Masyarakat (Tabungan BTN Cermat) Laku Pandai.


Menurut Direktur Utama Bank BTN, Maryono, perseroan tengah mengkaji kerja sama dengan tujuh agen utama Pos Indonesia yang memiliki jaringan 29.000 agen pospay di seluruh Indonesia. Sampai akhir tahun ini, Tabungan BTN Cermat ditargetkan dapat dilayani oleh 15.000 agen pospay seluruh Tanah Air. Perseroan juga menargetkan Tabungan BTN Cermat Laku Pandai dapat dilayani di 1.044 kantor pos pada akhir 2015 dan menjadi 1.878 pada 2016.


Sementara itu, Bank BTN dan Telkom meluncurkan produk tabungan berbasis telepon selular menggunakan sistem unstructured supplementary service data (USSD). Perseroan menargetkan produk berbasis ponsel ini dapat dilayani oleh 15.000 agen pada akhir 2015.


Sebagai bank terdepan di Tanah Air dalam hal penyaluran kredit perumahan, Bank BTN pun tak henti-hentinya melakukan pengembangan demi mempermudah masyarakat memiliki rumah idaman. Salah satunya, membuka layanan pengajuan Kredit Pemilikan Rumah (KPR) melalui sistem online. Melalui situs www.btnproperti.co.id, nasabah dapat melakukan pendaftaran pengajuan KPR tanpa harus mendatangi kantor cabang BTN.


Situs ini juga menyediakan informasi berbagai rumah baru maupun rumah second lengkap dengan foto dan harga jualnya. Di sini nasabah bahkan mendapat gambaran simulasi cicilan kredit berdasarkan tenor maupun harga jual rumah yang tertera. n