Komitmen Toyota Astra Motor di GIIAS 2015

Oleh: Benny Kumbang (Editor) - 24 August 2015

PT Nissan Motor Indonesia (NMI) secara resmi meluncurkan New Nissan X-Trail Hybrid di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2015. Sejalan dengan tema yang diusung ‘Innovation that Excites’, Nissan juga menampilkan edisi terbatas Nissan X-Trail Ultimate, Nissan March dengan pilihan warna baru dan mobil konsep high performance pertama Nissan yang 100% menggunakan tenaga listrik, Nissan ESFLOW.

 

Melalui dua pilar utama Nissan, yaitu Zero Emission dan Pure Drive, Nissan berinovasi untuk menekan emisi gas buang pada setiap kendaraannya. Nissan LEAF, merupakan global market leader kendaraan zero emission yang 100 % digerakan oleh tenaga listrik. Sedangkan pure drive merupakan rangkaian teknologi mutakhir yang bertujuan memberikan konsumen kendaraan dengan emisi rendah. Kendaraan ini digerakan oleh diesel, gasoline, dan hybrid, seperti pada X-Trail, X-Trail Hybrid, Serena, Elgrand, Grand Livina dan lain-lain.

 

Nissan X-Trail Hybrid merupakan SUV hybrid pertama di segmennya yang memiliki tarikan responsive, konsumsi bahan bakar irit dan kabin yang senyap, serta tampil gagah dengan aplikasi Body Kit X-Trail Extremer. Meski mengadopsi mesin hybrid yang merepresentasikan kendaraan ramah lingkungan karena penggunaan BBM yang lebih sedikit, New X-Trail Hybrid tidak kehilangan tenaga besarnya.

 

New X-Trail Hybrid mampu mengerahkan tenaga maksimum total 185 PS yang dihasilkan dari kerjasama mesin bensin 144 PS dengan motor listrik 41 PS yang membuat pengemudi dapat menggerakan mobil dengan gesit pada medan menantang, seperti tanjakan yang curam. Untuk akselerasi, New X-Trail Hybrid pun memperlihatkan performa yang baik. Hasil test yang dilakukan Nissan Global sebelumnya di Jepang, memperlihatkan akselerasi diam hingga 100 km/jam dalam waktu 10.1 detik. Performa ini setara dengan kemampuan X-Trail 2.5 CVT, dengan konsumsi bahan bakar yang lebih irit dari X-Trail 2.0 CVT.

 

Karena dikendalikan oleh dua transmisi, Motor listri dan mesin bensin, didukung dengan Intelligent Dual Clutch, New X-Trail Hybrid menjadi sangat efisien dalam konsumsi bensin. Baterai lithium ion yang compact dan memiliki output besar, serta kapasitas penyimpanan dalam kendaraan yang cukup besar membuat pengalaman berkendara dengan motor listrik dapat dirasakan dalam waktu yang lama. Dengan demikian konsumsi bensin pun semakin efisien. Ita