MO Decade: Cara 10 Tokoh Menjaga Kebugaran

Oleh: Andi Nursaiful (Administrator) - 10 February 2014
Rutinitas berolahraga bukan hanya bagi mereka yang berprofesi sebagai olahragawan.Tetapi, mereka yang berprofesi pengusaha, politisi, akademisi, peneliti atau pengamat politik pun rutin melakukan olahraga.

Ini pula yang selalu dilakukan pengamat politik dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Fachry Ali. Soal menjaga kebugaran tubuh betul-betul dimenej dengan baik oleh pria kelahiran Susoh, Aceh Barat Daya, 23 November 1954 ini.

Tengok saja jadwal olahraganya. Selasa dan Jumat petang, ia bermain bulu tangkis. Sedangkan Rabu waktunya bermain tenis meja. Fachry sangat disiplin menjaga waktu berolahraga. Intinya, ia tidak ingin jadwal berolahraganya terganggu oleh  kegiatan lain. Baginya, olahraga itu sama dengan rapat, seminar, atau aktivitas pekerjaan lainnya yang juga penting untuk dilakukan.

Ia sadar betul tentang hidup sehat. Karenanya, ia rutin berolahraga. Menurutnya, itulah ikhtiar yang dilakukannya untuk tetap bugar dengan cara berolahraga. Sebab, menjaga kesehatan sejak dini itu sangat penting untuk mencegah datangnya penyakit.