Inspiring Mothers

Oleh: Benny Kumbang (Editor) - 16 December 2013
Naskah: Sahrudi, Foto: Dok. MO & Pribadi

Adalah sebuah kebanggaan bagi Elizabeth Liestriana yang berhasil menjalankan perannya sebagai seorang politisi sekaligus menjadi ibu yang sangat inspiratif bagi keluarga. Dan, keberhasilan itu ia dapatkan tak lain karena ada suami yang selalu mendorong di belakangnya dan ajaran ibunya yang justru menjadi inspirasi baginya.

Menjalani pekerjaan sebagai wakil rakyat sekaligus menjadi pembimbing keluarga jelas bukan pekerjaan mudah. Ada banyak tantangan yang menghadang.

Namun hambatan tersebut dapat dengan mudah dilewati Elizabeth manakala sang suami yang purnawirawan perwira tinggi TNI AL itu sangat mendukung dan membantu Elizabeth dalam menjalani kiprahnya menjadi wakil rakyat di DPRD DKI Jakarta maupun membina putra putra mereka hingga meraih sukses, di mana kedua anaknya sudah menyelesaikan S-2 nya di New South Wales, Australia.

Ya, di mata keluarga khususnya putra-putra mereka, Elizabeth telah menjelma sebagai seorang perempuan yang mampu memberikan inspirasi besar dalam kehidupan.

“Inspirasi artinya ilham yang memberi kepada seseorang dorongan atau motivasi atau semangat untuk berbuat sesuatu. Seorang anak yang sedang berkembang akan menyerap setiap informasi dan bila informasi itu menarik baginya, maka hal tersebut akan mempengaruhi jiwanya yang mungkin saja akan menjadi pandangan hidupnya,” tegasnya.

Karena itulah, Elizabeth paham betul bahwa kehadiran seorang ibu haruslah mampu menjadi penerang dan inspirator bagi anak-anaknya, karena keberadaan ibu sangat melekat dalam diri seorang anak sejak dilahirkan. “Ma, mama, itulah salah satu kata yang keluar dari mulut seorang anak kecil yang baru belajar berkata-kata. Mama, kata yang universal yang dimengerti oleh siapapun dan dimanapun di dunia ini.

Selanjutnya kata mama menggema diseluruh keluarga, kampung, kota dan bahkan diseluruh pelosok dunia, dimana terdapat anak kecil beserta ibunya. Si anak bertumbuh dan melekat dengan si mama, bila dia kesulitan pasti yang pertama-tama yang dipanggil ibunya. Hal ini terjadi bila dalam pertumbuhannya sejak bayi selalu bersama dengan ibunya,” terang Elizabeth.

Seorang ibu, katanya, akan sangat berpengaruh kepada anak bila ...