Inspiring Mothers

Oleh: Benny Kumbang (Editor) - 16 December 2013
Naskah: Suci Yulianita, Foto: Dok. Pribadi

Jangan pernah takut bermimpi! Setidaknya, begitulah pesan yang ingin disampaikan pengusaha wanita satu ini. Betapa tidak, dari keberaniannya bermimpi menjadi perempuan sukses itulah, Kartini Maha kini benar-benar sukses merintis bisnis di bidang studio rekaman dan restoran, sekaligus sukses sebagai ibu yang mampu memberikan inspirasi tak hanya bagi keluarga tapi juga kaum Hawa lainnya.

Keberhasilan Kartini Maha memang tak lepas dari pengalaman masa kecilnya yang pernah berada dalam hidup yang serba keterbatasan dan tak pernah menyerah pada keadaannya saat itu. Justru sebaliknya, ia mengumpulkan semangat dan tekad untuk keluar dari kondisi tersebut dan berusaha sekuat tenaga meraih impiannya itu. Perlahan namun pasti, bisnisnya terus berkembang menjadi besar. Ya Kartini Maha berhasil meraih impiannya, meski tanpa pendidikan akademik yang tinggi.

Kartini memang memulai semuanya dari titik nol. Bahkan ia pun pernah tinggal di sebuah rumah kontrakan petak yang kumuh dan harus berjualan kue setiap harinya demi bertahan hidup. Tak hanya itu, bersama sang suami, ia juga merintis usahanya dari sebuah warung tenda yang mangkal di salah satu sudut kota Jakarta. Berkat kerja keras, ketekunan dan kesabarannya, Kartini berhasil mewujudkan warung tenda tersebut menjadi sebuah rumah makan Chinese food di sebuah ruko kecil.

Kini rumah makan tersebut telah menjelma menjadi sebuah restoran mewah, Nuno Fusion Food yang terletak di kawasan MOI (Mall of Indonesia) lobby 2, Kelapa Gading, Jakarta. “Hidup itu jangan pernah berhenti bermimpi dan berjuang. Talenta apa yang kita punya, itu harus selalu diasah dan dikembangkan menjadi sebuah peluang. Misalnya saya hobi masak, itu saya kembangkan hingga bisa memiliki sebuah resto. Dan yang juga penting, kita harus bisa membimbing diri kita sendiri untuk menjadi seorang leader,” ceritanya dengan penuh semangat. Selain itu, hobi lain Kartini yang senang bersenandung, juga telah membuahkan hasil. Ia memiliki sebuah studio rekaman, Maha Records Music, sekaligus menjabat sebagai Executive Producer.

Belum lama ini, album sosial walikota Jakarta Utara, Bambang Sugiyono yang berkolaborasi dengan anak jalanan Jakarta Utara, berhasil diproduksi Maha Records Music, dengan Executive Producer Kartini Maha. “Selain itu, kami juga menyediakan tempat untuk disewa. Beberapa artis yang sering menyewa Maha Records untuk take vocal, antara lain Sule, Inul dan Marcel,” ujar wanita yang juga pernah meng-endorsement buku karya Walikota Jakarta Utara tersebut.

Kekuatan Kartini dalam menjalani cobaan hidup sejatinya terinspirasi dari ...