Inspiring Mothers

Oleh: Benny Kumbang (Editor) - 16 December 2013
Naskah: A. Rapiudin, Foto: Fikar Azmy/Dok. Pribadi

Ia tahu betul bagaimana menjalankan amanah masyarakat Sumatera Barat yang telah memilih dan mempercayakan aspirasinya kepada dirinya. Karena itu, politisi perempuan ini tidak ingin masyarakat Sumatera Barat kecewa lantaran mengabaikan amanah yang diberikan kepadanya. Tak heran kalau ia kerap turun ke bawah menemui langsung konstituennya, mendengarkan aspirasi, keluhan, dan harapan mereka. Ya, Emma Yohana adalah sosok perempuan energik yang memperjuangkan kepentingan rayatnya melalui lembaga Dewan Perwakilan Daerah (DPD).

Ditemui di ruang kerjanya, Emma mengakui bahwa perjuangannya memang tak langsung membuahkan hasil, karena membutuhkan proses tak sebentar terutama yang terkait dengan pengambilan keputusan di DPR. Tetapi, jika aspirasi itu berkaitan dengan kementerian, maka Emma akan memperjuangkannya langsung ke kementerian terkait.

“Sebagai wakil rakyat, kami terus berupaya memperjuangkan aspirasi dan harapan rakyat di Sumatera Barat. Namun, masalahnya adalah kami tidak bisa langsung mengeksekusi keinginan mereka, sebab DPD lebih banyak pada tataran kebijakan,” terang Emma.

Emma Yohanna adalah satu diantara sedikit politisi perempuan yang bisa berkiprah di Senayan. Ia duduk di legislative tingkat pusat atas kepercayaan yang diberikan masyarakat Sumatera Barat, yang memilihnya bersama tiga politisi pria.

Ketua Kaukus Perempuan Politik Indonesia (KPPI) Sumatera Barat ini mengakui beratnya memperjuangkan aspirasi masyarakat Sumatera Barat. Namun, ia tetap bersyukur lantaran bisa melihat langsung kondisi riil di lapangan dan apa yang dibutuhkan mereka.

“Mereka menaruh harapan besar kepada DPD, karena mereka tahu DPD bukan dari partai politik. Kami independen dan mewakili semua kelompok masyarakat,” ucapnya.

Di luar tugasnya memperjuangkan aspirasi masyarakat Sumatera Barat, Emma punya tugas lain yakni ...