Inspiring Mothers

Oleh: Benny Kumbang (Editor) - 16 December 2013
Naskah: Suci Yulianita, Foto: Sutanto/Dok. Pribadi

Politisi perempuan ini boleh berbangga hati karena memiliki kelebihan mampu berperan ganda sebagai ibu rumah tangga sekaligus berkarya di dunia politik. Selain itu, ia juga masih menyisakan waktunya untuk memberdayakan kaum perempuan di sektor usaha kecil dan menengah. Wajar jika anggota DPR RI Fraksi PAN, Mardiana Indraswati dijuluki sebagai “Ibu para pengusaha kecil dan menengah”

Sebagai seorang ibu, Indras – begitu ia biasa disapa – boleh dibilang sudah berhasil menjalankan perannya. Bersama suami, Ir. Ismail Madjid, ia sukses mengantarkan ketiga putra-putrinya meraih kesuksesan dalam bidang akademik. Tengok saja prestasi membanggakan mereka; si sulung, Wulan Ismail, merupakan sarjana Universitas Indonesia – Universiteit van Amsterdam dan baru saja menyelesaikan studi pasca sarjananya di Institut Teknologi Bandung.

Kemudian putri keduanya, Laras Ismail, merupakan sarjana ITB dan saat ini masih melanjutkan studi masternya di Wageningen University Belanda, sembari bekerja sebagai reporter di radio PPI Dunia. Sementara itu si bungsu, Pandu Ismail, kini tengah menuntut ilmu di Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta. “Itu semua berkat usaha mereka sendiri. Saya mendidik anak-anak untuk tekun, sederhana dan selalu berusaha meraih segala sesuatunya dari nol,” tutur istri dari lulusan Arsitektur ITB ini.

Keluarga memang menjadi prioritas utama dalam hidupnya. Hal itu dibuktikan ketika Indras yang sejatinya sangat aktif berorganisasi sejak remaja ini, menghentikan segala kegiatan sejak putri pertamanya lahir (1986). Ia kemudian menekuni wirausaha berbasis home industry: membangun swalayan yang bermitra dengan para petani dan pengusaha kecil menengah lainnya di Bandung.

Tak berlebihan jika kemudian ia mendapat penghargaan sebagai ...