Inspiring Mothers

Oleh: Benny Kumbang (Editor) - 16 December 2013
Naskah: Sahrudi, Foto: Sutanto/Dok. Pribadi

Menjadi wakil rakyat bagi politisi perempuan satu ini bukan sekadar mewakili rakyat dari belakang meja di gedung parlemen. Turun langsung bertemu konstituen, mendengar, berempati dan memperjuangkan kepentingan rakyat khususnya kaum Hawa, adalah gaya perjuangannya sebagai anggota legislatif. Ya, Hj Melani Leimena Suharli, adalah sosok seorang ibu yang tidak hanya memberi inspirasi kepada keluarga tapi juga masyarakat.

Berjuang melalui dunia politik bagi Melani bukanlah pilihan yang tanpa alasan. Setelah lama berkutat sebagai seorang pengusaha yang mapan, Melani merasa ada saatnya ia harus mewakafkan waktu dan hidupnya untuk berkhidmat kepada rakyat melalui parlemen.

Ya, jiwa dan semangat pahlawan nasional Dr J Leimena yang tak lain ayah kandungnya benar-benar mengalir dalam diri Melani. Ia masih ingat betul pesan sang ayah yang mengatakan bahwa politik adalah alat untuk melakukan pelayanan.

“Karena itu dalam politik bukan kekuasaan yang harus diraih tapi karena motivasi yang kuat untuk melayani, menjadi garam dan terang bagi bangsa,” kata Melani mengutip ungkapan ayahnya yang selalu dipegang hingga sekarang.

Untuk itulah, Wakil Ketua Dewan Kehormatan Partai Demokrat ini memiliki visi yang luhur sebagai pegangannya berjuang di jalur politik ini yakni; menjadikan kepercayaan sebagai amanah untuk mencapai kesejahteraan rakyat untuk menjalankan misinya memperjuangkan martabat perempuan di segala bidang dan eksistensi peran perempuan di lembaga politik, ekonomi, hukum, pendidikan, budaya, agama dan lainnya.

Karir politik ibu tiga orang anak ini mendapatkan momentumnya di tahun 2009 ketika terpilih sebagai ...