Obsession Awards 2021 - Best Companies

Oleh: Syulianita (Editor) - 26 December 2021

PT XL Axiata Tbk

Naskah: Angie Diyya Foto: Istimewa

Di tengah kompetisi industri telekomunikasi yang semakin ketat dan kondisi ekonomi berat akibat pandemi, PT XL Axiata Tbk mampu mempertahankan kinerja positifnya. XL Axiata sukses menjaga pertumbuhan kinerjanya di sepanjang kuartal ketiga 2021 dengan pendapatan tumbuh sebesar 1,5% menjadi Rp6,827 triliun, meningkat dibandingkan kuartal kedua tahun ini (QoQ).

Presiden Direktur & CEO XL Axiata Dian Siswarini menuturkan, “Kami bersyukur XL Axiata tetap mampu tumbuh positif meskipun kompetisi industri telekomunikasi terus berlangsung ketat serta daya beli masyarakat yang belum pulih akibat pandemi. Kami tetap mampu menjaga profitabilitas perusahaan dengan terus fokus mengimplementasikan Operational Excellence dan digitalisasi di berbagai lini. Selain itu, upaya peningkatkan efisiensi bisnis terus diupayakan. Di sisi lain juga meluncurkan produk-produk yang tepat sesuai kebutuhan pelanggan dengan mengoptimalkan pemanfaatan data analytics.” 

Sepanjang semester 1 tahun 2021, perseroan mengurangi beban operasional sebesar 2% dibandingkan periode yang sama tahun lalu (YoY), pada biaya interkoneksi dan biaya langsung lainnya sebesar -22% YoY. Terutama karena interkoneksi yang lebih rendah sebagai akibat dari penurunan trafik layanan legacy (SMS dan voice). XL Axiata terus melanjutkan perluasan 4G ke seluruh Indonesia, terutama di luar Jawa. Termasuk melakukan fiberisasi secara masif dalam meningkatkan kapasitas jaringan untuk memenuhi peningkatan kebutuhan layanan data saat ini dan masa mendatang, serta kesiapan adopsi teknologi baru. Dalam hal ini, XL menjajaki pemanfaatan teknologi Open RAN, agar pembangunan jaringan bisa lebih efisien dari sisi biaya. Dengan penyediaan kapasitas besar, tentunya sangat mendukung efisiensi biaya untuk pencapaian profitabilitas. Fiberisasi jaringan ini terbukti mampu meningkatkan kualitas jaringan untuk menopang sejumlah layanan data berkapasitas besar, seperti pada live video streaming.

Sebagai bagian dari program transformasi digital, perseroan juga meningkatkan pemanfaatan digital IT, artificial intelligent, omni channel, dan data analytics untuk mengidentifikasi kebutuhan setiap segmen pelanggan atas layanan telekomunikasi dan data, agar perusahaan bisa lebih tepat dalam pembuatan produk layanan baru.

Terkait penanganan Covid-19, XL Axiata terus melaksanakan berbagai inisiatif baik berupa program perlindungan bagi karyawan, maupun dukungan kepada pelanggan dan masyarakat. Beberapa program terbaru adalah menyelenggarakan Sentra Vaksinasi Indonesia Bangkit di Depok dan Medan, bagi warga lansia KTP Nasional, meningkatkan kapasitas jaringan di sekitar rumah sakit rujukan Covid-19, dan menyelenggarakan program dukungan permodalan untuk UMKM. Termasuk bantuan donasi smartphone untuk belajar daring bagi para pelajar tidak mampu, dan mendukung program pemerintah untuk kelancaran pembelajaran jarak jauh pelajar sekolah maupun mahasiswa. Dian memproyeksikan kondisi industri telekomunikasi di 2022 akan lebih baik dibandingkan 2021, dengan estimasi pertumbuhannya meningkat jadi 7%.