Obsession Awards 2021 - Best Companies

Oleh: Syulianita (Editor) - 26 December 2021

Danone-AQUA

Naskah: Elly Simanjuntak Foto: Dok. Danone-Aqua

Perusahaan air minum dalam kemasan Danone-AQUA memperoleh sertifikasi B Corporation (B Corp) untuk kedua kalinya dari organisasi nirlaba B Lab di tahun ini. Sertifikasi diberikan kepada perusahaan dengan standar tertinggi di bidang sosial dan lingkungan yang menerapkan transparansi serta memiliki tanggung jawab dalam menyeimbangkan laba dan tujuan sosial. Selain itu, Danone-AQUA juga mencatat kenaikan skor secara signifikan menjadi 93.8, dari skor pada sertifikasi sebelumnya senilai 85.9.

Termasuk komitmen menghadirkan bisnis berbasis ekonomi sirkular yang diterapkan berhasil mendapatkan Anugerah Proper Emas untuk dua Pabrik Danone-AQUA. Lalu, Anugerah Proper Hijau untuk delapan Pabrik DanoneAQUA dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia pada 2020. Perusahaan juga berkomitmen memanfaatkan energi terbarukan dengan membangun panel surya di 17 pabrik hingga tahun 2023 dan mengembangkan pembangkit biomassa untuk salah satu pabrik di Jawa Tengah. Seluruh pabrik AQUA di Indonesia telah memberikan upaya terbaiknya untuk menerapkan prinsip hijau dalam menjalankan kegiatan operasional sehari-hari. Antara lain, melalui efisiensi produksi dan peningkatan efektivitas serta penggunaan sumber daya alam secara bijak.

Pemberdayaan masyarakat dan komunitas juga menjadi fokus DanoneAQUA. Hingga sekarang tercatat lebih dari 318 hektare lahan yang telah dikonversi menjadi pertanian ramah lingkungan untuk meningkatkan pendapatan masyarakat serta menjaga kualitas dan kuantitas air. Pandemi Covid-19 memberikan dampak ekonomi kepada masyarakat dengan adanya pembatasan mobilitas. Merespons hal tersebut, Danone-AQUA mengajak masyarakat terutama para ibu rumah tangga untuk bangkit memajukan sektor perekonomian dengan program AQUA Home Service (AHS).

Ini merupakan unit bisnis Danone-AQUA yang bertujuan memberdayakan ibu rumah tangga dengan memberikan kesempatan mengembangkan jiwa kewirausahaan dan mendapatkan pemasukan dengan berjualan AQUA galon. Dimulai sejak tahun 2008 program ini terus berlanjut di masa pandemi Covid-19, hingga sekarang sudah memiliki sekitar 11.000 agen yang tersebar di 18 provinsi di Tanah Air. Berbagai pelatihan bisnis pun difasilitasi untuk meningkatkan kemampuan mengelola bsinis dari rumah dan membantu keluarga bertahan di tengah pandemi.

Danone-AQUA berkomitmen akan terus melanjutkan seluruh inisiatif keberlanjutan bahkan di masa pandemi yang terjadi sejak 2020. Tercatat pada awal wabah Covid-19 perusahaan terus memberikan dukungan kepada mereka yang paling terkena dampak. Selama pandemi Danone Indonesia telah menyalurkan bantuan sebesar Rp56 miliar. Dengan mengalokasikan pemberian bantuan esensial berupa alat pelindung diri, masker bedah, dan vitamin bagi tenaga medis, pasien, serta masyarakat yang rentan terkena dampak pandemi Covid-19. 

Danone Indonesia turut membantu menyukseskan pelaksanaan program vaksinasi di 92 sentra vaksinasi di 26 kota di Indonesia. Memfasilitasi lebih dari dua juta dosis di seluruh Indonesia, termasuk bagi para pemulung. Di setiap sentra vaksinasi perusahaan juga memberikan dukungan berupa produk hidrasi dan nutrisi sehat bagi para peserta dan tenaga kesehatan. Tercatat lebih dari tiga juta botol AQUA berbagai kemasan telah didistribusikan. Danone Indonesia juga telah banyak memenuhi permintaan darurat dari sejumlah rumah sakit maupun berbagai lembaga kemanusiaan. Dengan menyalurkan bantuan berupa alat medis seperti oxygen fullset, kursi roda, tempat tidur rumah sakit, ambulan hingga penyediaan peti mati dan mobil jenazah.