Obsession Awards 2021 - Best Companies

Oleh: Syulianita (Editor) - 26 December 2021

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk

Naskah: Gia Putri Foto: Istimewa

Di tengah pandemi Covid-19, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk mampu mencetak kinerja positif. Betapa tidak, pada kuartal III 2021, bank berkode emiten BBRI ini meraih perolehan laba Rp19,07 triliun atau tumbuh 34,74 % YoY dibanding periode sama tahun lalu Rp14,15 triliun.

Direktur Utama BRI Sunarso mengungkapkan, pertumbuhan laba pada kuartal III tahun 2021 ditopang pertumbuhan kredit konsolidasi BRI pada segmen UMKM yang tumbuh 12,50 % YoY atau mencapai Rp848,6 triliun pada akhir September 2021. “Peningkatan penyaluran kredit UMKM yang sangat signifikan pada kuartal III 2021 tidak terlepas dari pembentukan sinergi holding Ultra Mikro bersama Pegadaian dan PNM, di samping pemulihan kondisi ekonomi, akibat kian melandainya pandemi,” ujar Sunarso, beberapa waktu lalu.

Pencapaian tersebut membuat proporsi kredit UMKM dibandingkan total kredit BRI pun meningkat dari semula 80,65 % pada akhir September 2020 menjadi 82,67 % pada akhir September 2021. Kualitas kredit yang disalurkan juga tercermin dari rasio NPL BRI yang manageable di kisaran 3,28 % pada akhir kuartal III 2021 dengan NPL Coverage mencapai 252,94 %. Sementara, total aset BRI di kuartal III 2021 mencapai Rp1.619,77 triliun atau tumbuh 11,87 % YoY.

BRI pun tak henti menghadirkan inovasi digital untuk memudahkan nasabah dalam bertransaksi selama pandemi. Lewat bantuan teknologi digital, sekarang nasabah dapat melakukan transaksi perbankan tanpa terbatas ruang dan waktu. Berkat inovasi tersebut, sepanjang 2021, jumlah transaksi digital melalui e-channel BRI berhasil menembus Rp 5,7 miliar. Peningkatan jumlah transaksi pada BRI tak lepas dari salah satu e-channel unggulannya, yakni layanan mobile banking BRImo. 

Bank plat merah ini juga mengubah pendekatan dalam melayani masyarakat. Saat ini, perusahaan telah memiliki BRISPOT. Yakni sistem pencatatan dan pelayanan kredit secara daring dengan ponsel yang digunakan oleh para Mantri BRI di daerah. Ekosistem layanan digital BRI pun disediakan dalam berbagai platform. Antara lain lewat kerja sama penggunaan Application Program Interface (API) atau BRIAPI pada sejumlah marketplace dan perusahaan teknologi finansial (tekfin), layanan pembukaan rekening secara digital, serta produk pengajuan kredit daring untuk UMKM dan pelaku usaha ultra mikro melalui aplikasi Ceria dan Pinang.

Sejak Mei 2020 lalu, BRI membuka akses pengajuan Kredit Usaha Rakyat (KUR) melalui channeling online dengan menggandeng e-commerce serta perusahaan ride hailing. Terobosan ini dilakoni untuk mengakselerasi penyaluran KUR di tengah tekanan pandemi Covid-19, sejalan dengan komitmen perseroan yang fokus terhadap pemberdayaan UMKM di Indonesia. Kiprah BRI tersebut pun berbuah manis dengan meraih penghargaan utama dari IDX Channel Anugerah Inovasi Indonesia 2021, dalam kategori produk dan model bisnis atas inovasi KUR digital.

BRI, menurut Sunarso akan tetap konsisten melahirkan inovasi dengan semangat transformasi digital dan culture yang disebut BRIvolution. “Proses tersebut memotivasi kami untuk tetap tumbuh dalam kondisi apa pun, termasuk pada saat krisis akibat pandemi Covid-19 yang sedang kita hadapi,” tambahnya