Tiga Tahun "Nawa Cita" untuk Indonesia

Oleh: Benny Kumbang (Editor) - 29 September 2017

Peran Bank bRI Sangat Signifikan Wujudkan “Nawa Cita”Naskah: Iqbal Ramdhani, Foto: Istimewa

Sepanjang sejarah keberadaanya, Bank BRI berkomitmen pada maksud dan tujuan di awal berdirinya yakni sebagai bank milik pemerintah yang menjadi ujung tombak perekonomian nasional serta pemerataan pembangunan. Selain itu, Bank BRI juga tanggap beradaptasi dan proaktif merespon perubahan, sehingga mampu bertahan sebagai salah satu bank terdepan di Indonesia sampai saat ini.

 

Era digital telah mengubah banyak hal mulai dari cara berinteraksi personal, menjalankan aktivitas sehari-hari, sampai cara melakukan bisnis. Perubahan-perubahan ini terjadi karena perkembangan teknologi yang terjadi tanpa henti. Bank BRI menyikapi dinamika era digital ini sebagai sebuah peluang untuk berinovasi untuk memberikan layanan yang lebih baik, lebih cepat dan lebih mudah.


Bank BRI juga berkomitmen mendukung pemerintah melalui pemberdayaan sektor Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM), yang merupakan tulang punggung perekonomian Indonesia dengan kontribusi yang signifikan terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) maupun penyerapan tenaga kerja.


Sebagai perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Bank BRI ditunjuk pemerintah untuk menyalurkan Kredit Usaha Rakyat (KUR). KUR merupakan inisiasi dari Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah. KUR Bank BRI ini ditujukan pada sektor pertanian (on farm), perikanan, industri pengolahan, dan sektor perdagangan. Inilah sejatinya peran Bank BRI dalam mendukung program “Nawa Cita” yang menyejahterakan rakyat. Bahkan peran itu sangat signifikan. Betapa tidak, karena upaya untuk menyalurkan KUR menuai sukses.  Sekadar catatan, penyaluran kredit usaha rakyat (KUR) mencapai Rp 132,4 triliun. Realisasi tersebut diperoleh selama periode Agustus 2015 hingga Agustus 2017 dan telah disalurkan kepada lebih dari 7,4 juta debitur baru. Jumlah tersebut menjadikan Bank BRI sebagai bank penyalur KUR terbesar di Indonesia, maka dari itu Bank BRI dianggap berhasil dalam menjalankan program pemerintah karena bank ini memiliki jaringan yang sangat luas di penjuru Nusantara, dan bank ini sudah menjangkau masyarakat pedesaan, dimana pelaku KUR sendiri mayoritas adalah masyarakat menengah atau menengah ke bawah.