Tiga Tahun "Nawa Cita" untuk Indonesia

Oleh: Benny Kumbang (Editor) - 29 September 2017

PELINDO II Dukung Pembangunan InfrastrukturNaskah: Suci Yulianita, Foto: Dok. Pelindo II

Dalam rangka mendukung program pemerintah yang digulirkan Presiden Joko Widodo, Nawa Cita, PT Pelabuhan Indonesia II (Persero) (PELINDO II) atau Indonesia Port Corporations (IPC) turut serta melakukan berbagai transformasi melalui pembangunan dan pengembangan proyek-proyek strategis nasional, antara lain melakukan pembangunan beberapa terminal baru yang tentu mendukung pertumbuhan infrastruktur dalam negeri.   

 

Beberapa terminal baru yang sedang dikembangkan, antara lain, Pembangunan Terminal Kalibaru yang bertujuan untuk mengurangi dan mengantisipasi kongesti yang ada di wilayah Jakarta khususnya pelabuhan Tanjung Priok, Pembangunan Terminal Kijing Pontianak yang bertujuan mengatasi keterbatasan area untuk pengembangan fasilitas dan pelayanan di pelabuhan pontianak serta keterbatasan kedalaman sungai akibat tingkat sedimentasi yang tinggi.


Kemudian pembangunan Proyek Cikarang Bekasi Laut yang nantinya akan menjadi salah satu opsi moda transportasi berbentuk inland waterways yang akan mengantarkan secara langsung kargo dari kawasan industri di Jababeka menuju ke Pelabuhan Tanjung Priok, dan terakhir pembangunan Pelabuhan Sorong yang bisa mendukung perkembangan perekonomian wilayah Indonesia Timur.


Di samping pembangunan infrastruktur, IPC juga melaksanakan program Rumah Kita yang merupakan depot logistik untuk menjamin ketersediaan bahan pokok di daerah terpencil atau pulau-pulau terluar. Program ini digagas oleh Kementerian BUMN dengan memanfaatkan sinergi BUMN.


Selain itu, bekerjasama dengan Kementerian Perhubungan, IPC juga turut membangun jaringan tol laut yang bertujuan untuk menurunkan disparitas harga komoditas pokok, menstabilkan harga komoditas pokok, menumbuhkan ekonomi lokal sehingga menciptakan pemerataan pembangunan dan meningkatkan daya saing ekonomi Indonesia di tingkat perdagangan global.


Guna merealisasikan kontribusi tersebut, IPC telah melakukan beberapa hal, antara lain, penandatanganan kerjasama antara anak perusahaan IPC dengan 9 anak perusahaan BUMN dalam beberapa aspek yaitu pemasaran / penyalur produk BBM dan Non BBM, pengembangan penanganan logistik dan perdagangan komoditi hasil laut, pengelolaan dan pengoperasian terminal, terminal Product sebagai hub nasional kegiatan bongkar muat BBM, storage dan pendistribusian dari laut ke darat atau sebaliknya.