Tokoh Berpengaruh 2017

Oleh: Benny Kumbang (Editor) - 12 August 2017

Luar biasa! Pujian ini pas diberikan kepada Tri Rismaharani. Sebagai walikota Surabaya, Risma, panggilan akrabnya, jelas memiliki pengaruh besar bagi kemajuan bangsa dan negara ini, khususnya bagi warga dan masyarakat kota Surabaya. Dengan segudang prestasi yang telah diraihnya, Risma juga telah membuktikan bahwa wanita mampu berprestasi di level internasional.


Nama Risma mencuat ketika pada 2010 diusung sebagai calon Wali Kota Surabaya oleh PDI-P. Ia berpasangan dengan Bambang Dwi Hartono. Duet Risma-Bambang memenangkan pilkada tersebut dengan meraih 358.187 suara atau 38,53% dari jumlah suara keseluruhan.


Banyak prestasi yang diraih Risma saat memimpin Surabaya. Antara lain Risma membawa Surabaya menjadi kota yang terbaik partisipasinya se-Asia Pasifik pada tahun 2012 versi Citynet atas keberhasilan pemerintah kota dan partisipasi rakyat dalam mengelola lingkungan.


Penghargaan internasional lainnya adalah pada Oktober 2013 Surabaya menyabet penghargaan Future Government Awards 2013 tingkat Asia-Pasifik di dua bidang sekaligus, yakni data center dan inklusi digital. Dan hebatnya lagi Surabaya menyisihkan 800 kota di seluruh Asia-Pasifik.


Sementara itu Taman Bungkul yang pernah dipugarnya pun meraih penghargaan The 2013 Asian Townscape Award dari Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) sebagai taman terbaik se-Asia pada tahun 2013.


Pada Februari 2014 Risma dinobatkan sebagai Mayor of the Month atau wali kota terbaik di dunia untuk Februari 2014 atas keberhasilannya selama memimpin Surabaya sebagai kota metropolitan yang paling baik penataannya.


Pada 2014 Surabaya menerima penghargaan internasional Future City versi FutureGov untuk Surabaya Single Window (SSW). Penghargaan ini diberikan untuk sistem pelayanan kemudahan izin investasi Kota Surabaya.


Pada Februari 2015 Risma dinobatkan sebagai wali kota terbaik ketiga di dunia versi World City Mayors Foundation atas keberhasilannya dalam mengubah wajah Surabaya dari yang kumuh penataannya menjadi kota yang lebih hijau dan tertata rapi.