Premium Gadget

Oleh: Syulianita (Editor) - 16 December 2014
Setelah Google dengan Project Ara, kemudian disusul Phonebloks dan Vsenn, kini muncul konsep ponsel modular lain. Kali ini digarap oleh perusahaan bernama Circular Devices asal Finlandia, dan diberi nama Puzzlephone.

Seperti namanya, ponsel modular ini bisa dibongkar pasang ibarat bermain puzzle, tentu tidak dibuat sulit dan membingungkan. Seperti tiga konsep sebelumnya, ponsel ini pun bisa di-upgrade sendiri kemampuannya.

Itu lantaran Puzzlephone hanya dipecah menjadi tiga bagian inti, yaitu “Brain” (elektronik utama dan kamera), “Heart” (baterai dan teknologi sekunder) serta “Spine” (LCD, speakers dan bentuk dasar). Jika butuh prosesor dengan spesifikasi lebih tinggi, cukup ganti “Brain” lebih bagus. Atau bisa mengganti baterai saja, dan menambahkan fitur baru.

Intinya, ponsel moduler yang rencananya dipasarkan tahun depan ini dirancang untuk bertahan selama 10 tahun. Sekadar info, konsep smartphone modular memungkinkan pengguna melakukan personalisasi dengan mengganti komponen dengan mudah tanpa harus memiliki keahlian khusus. Pengguna bisa melakukan upgrade komponen dan fitur baru sesuai keinginan sehingga tak harus membeli smartphone baru. Pul