Premium Gadget

Oleh: Syulianita (Editor) - 16 December 2014
Sukses dengan dua produk kolaborasi terdahulu, pabrikan otomotif premium, Porsche, dan produsen smartphone Blackberry kembali bergandeng tangan memproduksi ponsel mewah kelas premium yang diberi label Porsche Design Blackberry P9983.

Sesuai namanya, P9983, ini adalah produk kolaborasi ketiga setelah P9981 pada 2011 dan P9982 November tahun lalu. Jika P9981 adalah versi premium dari Blackberry Bold 9900 (Dakota), sementara P9982 adalah versi premium dari Blackberry Z10, maka P9983 merupakan versi supermewah dari seri Blackberry Q10 dengan display lebih panjang.

Dari sisi harga tentu juga premium. Saat peluncuran, P9981 dibanderol sekitar Rp20 jutaan. Sementara itu, P9982 dipatok dengan harga fantastis Rp28 juta. Nah, P9983 dibanderol lebih murah seharga Rp22 juta.

Yang terang, Porsche Design Blackberry terbaru ini tetap mengusung ciri desain mewah, material mahal, plui fitur-fitur premium yang tidak dimiliki ponsel BB pada umumnya. Dari PIN ID saja sudah berbeda, yaitu delapan digit yang diawali dengan 2AA.

Generasi ketiga ini memiliki sejumlah kelebihan dibanding kedua pendahulunya. Selain layar sentuh berteknologi Super AMOLED, lensa kamera 8 megapikselnya pun kini menggunakan kaca safir anti gores. Dengan fitur autofocus dan LED flash, Geo-tagging, face detection dan HDR, dan video berkualitas 1080p@30fps, tentu sangat layak untuk mengabadikan momen istimewa.

Di balik desain premium, terbenam dapur pacu premium pula, yakni chipset Qualcomm Snapdragon S4 Plus dengan prosesor dual-core Krait 1,5GHz, yang dipadukan memori RAM 2 GB dan pengolah grafis Adreno 225. Media penyimpanan dipatok 64 GB dengan slot microSD hingga 128 GB.

Soal konektivitas, tentu pula yang terlengkap, termasuk 4G LTE, NFC, GPS, sistem operasi BlackBerry OS 10.3, dan disokong baterai berkapasitas 2100mAh. Tak ketinggalan fitur BBM video untuk keperluan video chat, serta teknologi Blackberry Natural Sound untuk mendukung BBM voice dengan suara berkualitas. Ada pula akses istimewa ke layanan jejaring sosial BBMpins.net dan akses ke aplikasi Porsche Design.

Selebihnya adalah fitur dan keistimewaan sebagaimana dua produk sebelumnya, mulai boks eksklusif, ragam aksesoris lengkap seperti charger kit, polishing cloth, hingga headset stereo premium. P9983 juga dibekali dengan fitur terbaru yang hadir untuk pertama kalinya, yaitu Blackberry Assistant. Ben