10 Sosok Presiden Paling Sederhana

Oleh: Andi Nursaiful (Administrator) - 18 August 2014
Dialah pemimpin Revolusi Kuba pada 1959 yang sangat dibenci sekaligus ditakuti oleh AS. Sejak revolusi itu, Kuba bergerak menuju sosialisme. Tak heran, karena langkahnya yang berbeda dengan jalan imperialisme, Castro dan Kuba banyak didiskreditkan.

Yang sering terdengar, Fidel dianggap diktator dan hidup sangat mewah. Majalah Forbes, misalnya, menuding Fidel punya simpanan USD900 juta di luar negeri. Faktanya, Castro hidup sederhana sebagaimana kaum sosialis lainnya.

Ia tak punya mobil mewah, hanya menerima gaji sebesar 900 peso (Peso Kuba tidak punya nilai di pasar internasional, tetapi nilai domestiknya setara kira-kira USD36 per bulan atau sekitar Rp 350 ribu. Gaji yang sudah kecil itu harus pula ia sisipkan untuk menyetor iuran ke partai.

Fidel sendiri sudah membantah tudingan Forbes dan menantang, “Jika anda bisa membuktikan saya punya uang 1 dollar di luar negeri, saya akan mundur dari jabatan saya.” Dalam wawancaranya dengan Ignacio Ramonet, seperti ditulis di buku Fidel Castro: My Life, sekalipun gajinya pas-pasan, ia mengaku tidak sekarat dalam kelaparan.