10 Sosok Presiden Paling Sederhana

Oleh: Andi Nursaiful (Administrator) - 18 August 2014
Meskipun para lawan politiknya menuduh sebagai pencitraan, kandidat presiden terpilih Joko Widodo (Jokowi) diakui sebagai sosok yang benar-benar sederhana. Bahkan sejak menjabat Walikota Solo dua periode, kebersahajaan Jokowi sudah menjadi rahasia umum. Begitu juga ketika sukses menjabat Gubernur DKI, dan kini Presiden RI berdasarkan penetapan KPU 22 Juli 2014.

Sebagai pejabat publik, Jokowi terkesan anti dari aturan protokoler. Ia menolak menggunakan voorijder ke gedung DPRD DKI, tempat pelantikan dirinya sebagai Gubernur DKI. Dalam keseharian pun kesederhanaannya terlihat jelas, mulai dari menu makan siang, pakaian hingga sepatu yang dikenakannya.

Seminggu menjabat gubernur, ia tak menggunakan seragam dinas gubernur, melainkan hanya kemeja putih dan celana hitam. Bagi Jokowi, baju tidak perlu bermerek dan berharga mahal asal nyaman dipakai. Untuk kaos ia mengaku membeli yang KW, bukan yang asli.

Ia pernah membeli tiga baju yang ditebusnya seharga Rp75 ribu, seusai salat Jumat di Masjid Sunda Kelapa, Jakarta. Ia juga membeli sepatu kets untuk olah raga di pedagang kaki lima. Meski sudah disediakan mobil mewah Toyota Land Cruiser sebagai kendaraan dinas, Jokowi memilih menggunakan mobil Kijang Innova yang merupakan mobil rental.

Urusan makan, menu yang dipilih Jokowi terbilang sederhana. Termasuk bersantap siang di warung Tegal seharga Rp15 ribu. Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo bercerita pernah mengajak makan Jokowi ke restoran yang cukup terkenal, namun Jokowi memilih makan di sebuah warung pinggir jalan.