10 Sosok Presiden Paling Sederhana

Oleh: Andi Nursaiful (Administrator) - 18 August 2014
Lahir dari keluarga kelas pekerja, Chavez tumbuh dalam kehidupan yang sangat miskin bersama neneknya. Begitu terpilih sebagai Presiden tahun 1998, Chavez menggunakan kekuasannya untuk memberdayakan kaum miskin. Membuatnya begitu dicintai oleh rakyat kebanyakan.

Kecintaan rakyat terutama karena sikap hidupnya yang sangat sederhana. Seperti Lugo dan Pepe, Chavez juga menyumbangkan sebagian besar gajinya untuk anggaran sosial. Dikenal sebagai pemimpin yang sangat merakyat, Chavez hanya menggunakan jip atau menumpang truk dalam melakukan kunjungan.

Ketika hujan lebat mengguyur Venezuela, yang berakibat banjir hebat di mana-mana, Chavez membuka pintu istana kepresidenan sebagai tempat penampungan. Baginya, istana kepresidenan adalah rumah rakyat.

Chavez dikenal adalah pembebas bagi rakyat Venezuela. Ia menggunakan kekuasaannya untuk merebut kembali kontrol terhadap sumber daya dan kemudian menggunakannya untuk memberantas kemiskinan, membebaskan rakyat dari buta huruf, menggratiskan pendidikan dan kesehatan, menciptakan toko sembako murah di seantero negeri, dan uang pensiun bagi lansia.