10 Sosok Presiden Paling Sederhana

Oleh: Andi Nursaiful (Administrator) - 18 August 2014
Jose Mujica adalah salah seorang pemimpin Gerakan Pembebasan Nasional Tupamaro (MLN-T). Ia menghabiskan 14 tahun di penjara karena aktivitas gerilyanya melawan kediktatoran. Ketika memenangi pemilu pada 2009 dan resmi menduduki jabatan Presiden Uruguay pada Maret 2010, ia tidak mengubah gaya hidupnya.

Pepe Mujica memilih tetap tinggal di rumahnya yang sangat sederhana di pinggiran kota Montevideo. Di rumah itu tidak ada pelayan, sehingga hampir semua pekerjaan rumah, termasuk memasak, dikerjakan sendiri. Rumahnya hanya dijaga oleh dua penjaga dan seekor anjing berkaki tiga bernama Manuela.

Selama menjabat presiden, Pepe Mujica menyumbangkan 90 persen gajinya untuk menambah anggaran sosial negerinya. Pada tahun 2010, kekayaannya pribadinya dihitung tak lebih dari USD1,800 atau sekitar Rp18 juta saja. Pepe pun menolak segala fasilitas negara, memilih menggunakan mobil butut pribadinya,  Volkswagen Beetle keluaran 1987 sebagai kendaraan untuk berangkat kerja.

Hidup sederhana memang sudah filosofi hidup politisi kiri ini. Ketika masih menjabat anggota parlemen, ia sudah dikenal hidup sangat sederhana, bahkan miskin. Sampai-sampai petugas parkir gedung parlemen sangat kaget ketika melihat Mujica datang hanya mengendari motor vespa.

BBC menyebut Pepe sebagai presiden termiskin di dunia. Tetapi Mujica merasa dirinya tak miskin. Mengutip filsuf Romawi, Seneca, ia mengatakan, “Orang miskin adalah mereka yang bekerja hanya untuk menjaga gaya hidup mewahnya dan selalu menginginkan lebih.”