BUMN Do The Best

Oleh: Benny Kumbang (Editor) - 14 April 2014
Naskah: Andi Nursaiful,  Foto :Dok. MO

Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) 2014 PT Bank Tabungan Negara,Tbk., yang digelar akhir Februari 2014,akhirnya menetapkan empat direktur baru di jajaran direksi. Setelah melalui proses panjang, Bank BTN kini memiliki The Dream Team, yang siap mengantarkan kinerja perseroan jauh lebih baik.


Lengkapnya susunan direksi Bank BTN telah memunculkan sebuah semangat baru untuk mencapai hasil dan pertumbuhan yang jauh lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya. Keempat direktur baru yang melengkapi susunan direksi ini, masing-masing Hulmansyah, Sri Purwanto, Rico Budidarmo, dan Imam Nugroho Soeko.

Direktur Utama Bank BTN Maryono berharap mereka mampu menjadi the dream team mengingat kapasitas dan pengalaman mereka selama ini.Hulmansyah dan Sri Purwanto yang berasal dari internal Bank BTN, tentu sangat menguasai situasi perusahaan, sementara dua lainnya datang dari bank BUMN besar yang tergolong sukses.Rico Budidarmo berasal dari Bank BRI, sementara Imam Nugroho Soeko datang dari Bank Mandiri.

Seperti diketahui, meskipun sempat mengalami kekosongan empat direktur, kinerja Bank BTN terus menunjukkan pertumbuhan yang membanggakan.Dengan lengkapnya susunan direksi, kinerja Bank BTN diharapkan kian terdongkrak, sehingga lebih baik dari kinerja 2013.

Dalam RUPST 2014, Bank BTN membagikan dividen setara Rp 468 miliar, atau 30 persen dari perolehan laba bersih sebesar Rp 1,56 triliun sepanjang 2013. Hingga akhir perdagangan di penghujung Februari 2014, harga saham Bank BTN ditutup sebesar Rp1.130,- per lembar, meningkat 30% dariposisi 31 Desember 2013. Dengan nilai ini, kapitalisasi pasar meningkat menjadi Rp11,94triliun. 

Sepanjang 2013, kinerja Bank BTN memang menunjukkan hasil menggembirakan.Laba Bersih perseroan yang tercatat sebesar Rp 1,56 triliun, mengalami pertumbuhan 14,53% jika dibandingkan perolehan laba tahun 2012 sebesar Rp 1,36 triliun. Perolehan laba ini ditopang oleh pendapatan bunga bersih (net interest income) sebesar Rp 5,63 triliun. Bank BTN berhasil meraup keuntungan dari pendapatan operasional sebesar Rp 2,13 Triliun pada 2013.