Apresiasi untuk BUMN Berprestasi

Oleh: Benny Kumbang (Editor) - 12 December 2013
Naskah: Sahrudi, Foto: Dok. BNI

PT Bank Negara Indonesia (Persero), Tbk atau BNI kembali memperlihatkan reputasinya sebagai bank nasional yang prestisius sepanjang kurun waktu tahun 2013 ini. Prestasi itu bisa dilihat dari segi pencapaian bisnis maupun peningkatan sumberdaya manusia (SDM), dimana kedua sektor itu berhasil ditingkatkan dengan sangat signifikan.

Dari segi pencapaian bisnis misalnya, pada kuartal III-2013 ini BNI berhasil mencatatkan pertumbuhan laba bersih yang cukup tinggi yakni menjadi sebesar Rp6,54 triliun alias naik 29,8% dibanding periode yang sama tahun sebelumnya. Peningkatan laba ini diatas rata-rata perbankan nasional yang dibawah 15%. Pencapaian laba  tersebut terjadi karena didukung oleh ekspansi kredit yang terus tumbuh dan  pengelolaan aset yang semakin prudent serta efisiensi.

Ekspansi kredit yang terus tumbuh dan pengelolaan aset yang prudent membuat pendapatan operasional naik secara signifikan dan dengan pertumbuhan laba tersebut, BNI mampu meningkatkan rasio return on asset (ROA) dari 2,8% pada kuartal III-2012 menjadi 3,3% pada kuartal ini.