Apresiasi untuk BUMN Berprestasi

Oleh: Benny Kumbang (Editor) - 12 December 2013
Naskah: Sahrudi, Foto: Dok. Humas BRI

Keberadaan Bank BRI sebagai lembaga keuangan pemerintah yang andal dan terpercaya adalah cerita sukses yang tak terbantahkan. Betapa tidak, perjalanan sejarah bank ini dari tahun ke tahun memang sarat dengan success story yang tentu saja membanggakan. Seperti di tahun 2013 ini, bank BRI kembali menunjukkan trend pertumbuhan yang positif.

Berdasarkan Laporan Keuangan Triwulan III Tahun 2013 bank ini mencatat laba bersih setelah pajak sebesar Rp 15.2T (bank only), atau naik sebesar 17.01% year on year. Pencapaian laba bersih tersebut merupakan hal yang sangat positif ditengah kondisi makro ekonomi global dan domestik yang kurang kondusif, terutama dalam triwulan III 2013, hal ini tercermin pada trend kenaikan suku bunga dan inflasi.

Solidnya kinerja bisnis BRI ditengah kondisi makro ekonomi selama triwulan III tersebut diatas, tercermin dari pencapaian pendapatan bunga bersih (Net Interest Income) sebesar Rp. 30,30 T, atau naik sebesar 16.6% yoy. Peningkatan NII tersebut juga tampak dari NIM BRI sebesar 8,25% di triwulan III 2013, meningkat dari NIM di triwulan III 2013 sebesar 8.08%. Capaian tersebut bersumber dari keberhasilan BRI dalam pengelolaan aktiva produktif, yang menghasilkan peningkatan pendapatan bunga dan pengelolaan liabilitas, agar biaya dana tetap terjaga.