Apresiasi untuk BUMN Berprestasi

Oleh: Benny Kumbang (Editor) - 12 December 2013
Badan Usaha Milik Negara (BUMN) merupakan salah satu pelaku kegiatan ekonomi yang penting di dalam perekonomian nasional. Sebagai pelaku kegiatan ekonomi, keberadaan BUMN memiliki peran yang tidak kecil guna ikut mewujudkan kesejahteraan masyarakat dan mendukung pertumbuhan ekonomi nasional sebagaimana diamanatkan oleh UUD 1945. Karena itu, adalah hal yang mutlak jika sebuah BUMN harus dikelola berdasarkan prinsip dan kultur korporasi yang sehat serta membutuhkan keterlibatan yang aktif dari semua pihak, baik Pemerintah, manajemen BUMN, karyawan BUMN, akademisi, parlemen, dan masyarakat luas yang memiliki perhatian terhadap BUMN.

Untuk mendapatkan postur BUMN yang ideal tentu saja diperlukan beberapa perbaikan-perbaikan sistem manajemennya untuk mengangkat performa BUMN itu sendiri seperti; penerapan program GCG yang diikuti dengan penerapan program-program lain yang dapat menunjang kinerjanya. Selain itu juga peningkatan kualitas manajemen/sumber daya manusia agar lebih mempunyai visi pada orientasi bisnis dan berani mengambil keputusan-keputusan bisnis.

Saat ini, boleh dikatakan bahwa BUMN tengah menunjukkan era kebangkitannya setelah serangkaian program penyehatan dan pemulihan perusahaan dilakukan pasca krisis ekonomi Indonesia 1998. Ada empat indikator kebangkitan BUMN saat ini yaitu; Pertama, dukungan dan keterlibatan BUMN dalam sejumlah proyek strategis nasional. Kedua, semakin meningkatnya jumlah BUMN yang melakukan ekspansi operasi di kawasan. Ketiga, semakin banyaknya BUMN nasional yang mendapatkan pengakuan kinerja ditingkat internasional. Keempat, terjaganya misi dan fungsi BUMN dalam menjalankan amanat yang diberikan oleh negara. Ya, dengan upaya-upaya yang telah dilakukan BUMN saat ini ternyata juga telah meningkatnya jumlah BUMN yang bertambah sehat dan berkurangnya BUMN yang merugi.

Untuk mengapresiasi BUMN yang sukses dalam meraih pencapaian maksimal itulah, dalam edisi ini majalah Men’s Obsession menurunkan profil kinerja sejumlah BUMN yang dalam penilaian kami telah membuktikan keberhasilan dalam meningkatkan performanya dalam rubrik “BUMN Performance 2013”.