Obsession Awards 2023 "Best CEOs"

Oleh: Syulianita (Editor) - 14 March 2023

Hariyono Tjahjarijadi

Direktur Utama PT Bank Mayapada Internasional Tbk

Naskah: Gia Putri Foto: Istimewa

 

Di usia yang ke 33 tahun ini, Bank Mayapada berada dalam jajaran 20 Bank terbesar dari 107 bank yang beroperasi di Indonesia dari sisi aset. Total jaringan kantor bank yang berdiri sejak 1989 ini meliputi 199 kantor yang tersebar di 73 kota & kabupaten dan di dukung oleh 148 mesin ATM dan 5 Cash Recycle Machine (CRM) serta lebih dari 120.000 ATM dengan jaringan ATM Bersama dan Rintis yang tersebar di seluruh Indonesia.

Transformasi Bank Mayapada yang telah dimulai sejak dua tahun lalu, sudah menampakan hasil secara organisasi dan manajemen, antara lain adanya penyegaran dan penambahan direksi serta pejabat eksekutif di bawahnya, sehingga Bank Mayapada berhasil membukukan kinerja yang positif di tengah perlambatan ekonomi. Tilik saja laba bersih Bank Mayapada pada kuartal III 2022 naik sebesar 319 persen dari periode yang sama pada tahun sebelumnya.

Bank Mayapada juga berhasil meraup pendapatan bunga bersih Rp1,857 triliun, melejit 161,1 persen dari periode yang sama tahun lalu Rp711,401 miliar. Adapun rasio kredit bermasalah atau non performing loan (NPL) perseroan terus mengalami perbaikan. NPL gross per September 2022 ada di level 3,11 persen, turun dari 4,76 persen pada periode yang sama tahun sebelumnya. NPL net juga turun dari 2,6 persen jadi 1,77 persen. 

Margin bunga bersih atau net interest margin (NIM) Bank Mayapada meningkat jadi 2,4 persen per September 2022, dari 1,19 persen pada September 2021. Portofolio kredit bank yang telah berdiri sejak tahun 1989 ini juga tercatat mencapai Rp91,04 triliun per September 2022, meningkat Rp20 triliun dari akhir 2021. Total aset Bank ini berhasil tumbuh Rp10,4 triliun dalam sembilan bulan.

Dengan komitmen tinggi dan kerja keras dari pemimpin puncak serta seluruh jajarannya, bank berkode emiten MAYA ini tetap maju di tengah gerusan pandemi. Bank Mayapada terus bertransformasi dalam segi layanan dan budaya, untuk tetap konsisten dalam memberikan pelayanan terbaik kepada nasabah dan mempermudah nasabah dengan pelayanan berbasis digital.

Selain itu, Bank Mayapada terus melakukan inovasi terhadap produk perbankan yang ditawarkan, sehingga nasabah memiliki beragam pilihan dengan mengutamakan keamanan dalam bertransaksi. Salah satu yang dilakoni adalah bermitra dengan perusahaan fintech untuk membantu langkah transformasi digital perbankan. Sepanjang tahun 2022, Bank Mayapada mendulang sejumlah prestasi di ajang bergengsi, salah satunya menyabet dua penghargaan di ITGLA II, yakni Best Global Leaders-2022 dan The Best Global Company-2022. 

Selama pandemi Bank Mayapada konsisten dalam mendukung pertumbuhan usaha ekonomi rakyat, salah satunya melalui kerja sama dengan Bank Perkreditan Rakyat (BPR) dan platform pendanaan digital. Kerja sama tersebut menjadi salah satu langkah yang dilakukan Bank Mayapada untuk mendukung pemulihan ekonomi nasional melalui akses permodalan, utamanya kepada masyarakat dari berbagai lini bisnis, khususnya kepada para pelaku UMKM yang menjadi tonggak perekonomian Indonesia.

“Kinerja dan keberhasilan Bank Mayapada merupakan usaha, sinergi, team work dari seluruh jajaran di dalamnya, termasuk dukungan kuat dari Pemegang Saham Pengendali Terakhir (PSPT) yang berkomitmen tinggi dalam menjaga permodalan bank, salah satunya melalui rights issue untuk mendorong pertumbuhan bank menjadi lebih besar dan baik ke depannya,” pungkas Hariyono.