Obsession Awards 2023 "Best Professionals"

Oleh: Syulianita (Editor) - 13 March 2023

Tenny Elfrida

Direktur SDM & Umum PT Elnusa Tbk

Naskah: Gia Putri Foto: Fikar Azmy

 

Tenny Elfrida mulai bergabung di PT Elnusa Tbk sejak 2003. Ia direkrut sebagai management trainee. Kariernya terus meroket hingga dipercaya menjadi Direktur Sumber Daya Manusia (SDM) & Umum di anak perusahaan Pertamina tersebut.

Elnusa memiliki beragam program dalam pengembangan potensi para Perwira, di antaranya Elnusa Petroleum School (EPS). EPS dirancang seperti sebuah sekolah lengkap dengan kurikulum, tujuan utamanya adalah menyediakan sumber daya profesional untuk menghasilkan jasa terbaik. Pada perkembangannya EPS terbuka bagi pihak eksternal yang membutuhkan jasa untuk training di perusahaan mereka.

Program lainnya adalah Management Walk Through (MWT) yang mengusung spirit untuk memastikan aspek HSSE dalam bekerja. Dengan banyaknya proyek yang dikerjakan, tak jarang MWT dilakukan hingga ke daerah terpencil (remote area), observasi langsung menjadi penting untuk mengetahui kondisi dan kebutuhan di sana.

Tenny mengatakan, manajemen Elnusa memiliki komitmen yang tinggi dalam menjalankan transformasi Human Capital dengan tetap mengacu pada implementasi tata nilai AKHLAK pada setiap program, sehingga Perwira Elnusa siap menjawab tantangan bisnis saat ini dan pada masa mendatang. “Strategi pengelolaan dan pengembangan SDM juga kami lakukan guna mendukung peningkatan kinerja Perusahaan melalui berbagai program yang kami jalankan,” ujar perempuan yang pernah menjabat VP Human Capital Management di perusahaan Pertamina (Persero) ini.

Atas kesiapan dalam menjalankan transformasi serta melalui segala kompetensi yang dimiliki dan inovasi yang telah dilakukan, Elnusa berharap dapat terus maju menyongsong tahun-tahun mendatang dengan lebih optimis lagi dan berbekal kinerja yang terus tumbuh ditopang sumber daya manusia yang mumpuni dan berkualitas multi talenta. Dengan demikian, mimpi Elnusa menjadi perusahaan jasa energi yang mampu membangun kapasitas nasional dengan berbagai prestasi akan cepat terwujud. Apa yang dilakoni Elnusa dalam melakukan transformasi menghadapi lingkungan bisnis yang terus berubah, berbuah manis. Sepanjang 2022 sejumlah penghargaan diraih, salah satunya pada ajang Human Capital on Resilience Award 2022. 

Empat penghargaan diterima Elnusa, yakni The Best Organization Structure, The Best Excellence in Workforce Flexibility & Mobility, The Most Resilience Company 2022, dan The Best Leadership Development Focus on HC yang diterima oleh Direktur SDM & Umum Elnusa ini. Elnusa juga mendapatkan Best Role Model on Data Integration pada Human Capital HSH Award, dan Best First-Time Manager Programme pada Employee Experience Awards di Singapura.

Prestasi yang tak kalah membanggakan adalah Elnusa berhasil menutup tahun 2022 dengan membukukan kinerja prestisius di tengah kondisi ketidakpastian akibat gejolak global sepanjang tahun 2022 yang masih berlanjut dari tahun sebelumnya juga pasca dampak pandemi. Dengan membukukan laba bersih sebesar Rp378 miliar, tumbuh substantial 248 persen Year on Year (yoy). Salah satu kunci keberhasilan adalah SDM yang tangguh.

Untuk memperkokoh daya tahan dan menjaga bisnis yang berkelanjutan ke depannya, beragam strategi jitu dilakukan. Hal tersebut antara lain konsisten pertahankan SDM unggul serta terus berupaya meningkatkan penerapan Praktik Tata Kelola Perusahaan yang baik ke level yang lebih tinggi dengan menerapkan ASEAN CG Scorecard (ACGS).