Obsession Awards 2023 "Best Professionals"

Oleh: Syulianita (Editor) - 13 March 2023

Neny Asriany

Direktur Bisnis PT BNI Life Insurance

Naskah: Indah Kurniasih Foto: Sutanto

 

Berkecimpung di Industri keuangan selama 29 tahun telah dilalui oleh Neny Asriany yang kini menjabat sebagai Direktur Bisnis PT BNI Life Insurance (BNI Life). Berkat dedikasinya, dalam kurun waktu tersebut ia dipercaya menduduki berbagai posisi. Oleh karena itu, pengalaman yang dimilikinya pun patut diperhitungkan. Salah satunya adalah kemampuan membangun strategi untuk melewati tantangan-tantangan yang dihadapi.

“Saya sangat tertantang bekerja di industri asuransi. Saya yang lama berkecimpung di perbankan, Ketika masuk di industri asuransi jiwa langsung diberi kepercayaan membawahi 5 divisi bisnis dan 2 divisi penunjang bisnis yaitu Divisi Sales Academy & Divisi Business Support. Hal ini merupakan anugerah dan kesempatan yang tidak boleh disiasiakan. Saya harus belajar dan beradaptasi dengan cepat, mengenai pola penjualan yang berbeda-beda untuk setiap channel yang meliputi Inbranch (produk individu), produk asuransi group, Telemarketing, asuransi jiwa kredit, hingga menangani bisnis Syariah, semuanya merupakan hal baru dan tantangan tersendiri bagi saya,” tutur perempuan yang mengenyam pendidikan di Institut Pertanian Bogor (IPB) ini.

Perempuan yang duduk menakhodai divisi bisnis ini memiliki visi pribadi untuk menjadi leader perempuan yang kompeten dan amanah yang mampu menciptakan top-top marketer yang handal dan mampu mendorong middle management untuk memiliki kualifikasi sebagai top executive yang diperhitungkan. Neny menggunakan berbagai strategi untuk membuat kinerja perusahaan terus bertumbuh. Salah satunya adalah dengan melebarkan sinergi dengan BNI Group dan melakukan berbagai inovasi atau terobosan-terobosan. ‘’ Saya beruntung masuk ke industri asuransi di 2019, tak lama pandemi melanda Indonesia 2020. Kondisi ini memaksa saya untuk berpikir kreatif dan inovatif agar perusahaan bisa survive, mulai dari mengubah bisnis proses sales menjadi non face to face, mengembangkan digital channel dan digitalisasi bisnis proses “ujar Neny.

Neny pun selalu merasa bersyukur perusahaan dapat survive dan tetap mencatatkan kinerja yang bagus, baik di masa pandemi sampai dengan tahun 2022 yang lalu. Unit bisnis yang dipimpin oleh Neny pun mengalami pertumbuhan dari tahun 2021 ke 2022, bisnis Inbranch tumbuh 21.8% dan unit usaha Syariah tumbuh 50%. Secara keseluruhan GWP (Gross Written Premium) BNI Life 2022 tumbuh 5% disaat GWP industri minus 5% dan market share premi tumbuh dari 2,6% menjadi 2,94%.

Untuk membangun keunggulan dalam persaingan bisnis dan mencapai tujuan bisnis tahun 2023 ini, BNI Life mempunyai strategi di antaranya adalah menjaga premi regular dan produk yang menguntungkan, memperbaharui model bisnis, mengoptimalkan pendapatan investasi & manajemen resiko, memperbaiki mitigasi resiko, efisiensi & manajemen biaya, serta meningkatkan kapabilitas & produktivitas sumber daya manusia.

Usaha-usaha yang dilakukan manajemen dan tim BNI Life berbuah manis. BNI Life sukses mendapatkan berbagai penghargaan yaitu Life Insurance Market Leaders 2022 dan Best Sharia Unit Business . “Penghargaan ini diharapkan dapat menambah semangat bagi BNI Life untuk memberikan inovasi proteksi terbaik bagi seluruh masyarakat Indonesia,” tutup Neny.