Obsession Awards 2023 "Best Professionals"

Oleh: Syulianita (Editor) - 13 March 2023

M. Imron Rosyadi Nur

Direktur Keuangan & Strategi PT CIMB Niaga Auto Finance

 Naskah: Sahrudi Foto: Dok. Pribadi

 

Komitmen Imron Rosadi Nur sebagai Finance & Strategy Director PT CIMB Niaga Auto Finance (CNAF) dalam mewujudkan CNAF sebagai salah satu perusahaan pembiayaan yang memiliki produk dan program pembiayaan unggulan dengan pelayanan prima terus dilakukan secara serius bersama timnya. Karena ia yakin hal itu merupakan kunci utama dalam memenangkan persaingan.

Imron yang sempat bekerja di Bank CIMB Niaga ini optimis bisa meningkatkan CNAF untuk dapat tumbuh besar dan menjadi bisnis yang sangat menguntungkan bagi induk usaha Bank CIMB Niaga. Oleh karena itu, beragam inisiatif CNAF dilakukan dengan mengedepankan preferensi nasabah dalam bentuk CX atau Customer Experience yang memuaskan.

Alumni Institut Teknologi Bandung, ini ikut serta dalam banyak perubahan di perusahaan terutama dengan perannya sebagai Finance & Strategy Director,  sehingga CNAF berhasil meningkatkan pertumbuhan aset secara sehat. Antara lain, dengan menjalankan implementasi digital yang luar biasa. Contohnya, untuk proses pembiayaan baru, nasabah dapat menggunakan CNAF Mobile secara lengkap dari awal pengajuan pembiayaan sampai akad. Hal tersebut didukung beragam inovasi fitur digital, seperti tanda tangan digital, verifikasi digital, geo-tagging, bahkan digital customer service yang membantu percepatan proses dan pengalaman nasabah yang lebih prima.

Dalam meningkatkan performa CNAF, Imron mampu membangun semangat semua tim dan juga organisasi dalam bekerja sama, sekaligus berkolaborasi untuk mencari jalan keluar terbaik dari setiap permasalahan yang dihadapi.

Penyuka olahraga futsal dan sepakbola ini mengungkapkan bahwa dalam aspek peningkatan pendapatan, CNAF melakukan inisiatif fokus pada produk dengan margin yang cukup tinggi. Seperti, pembiayaan mobil bekas dan juga meningkatkan segmentasi bisnis dengan implementasi cross selling activity dengan CIMB Niaga maupun penerapan risk-based pricing. Kedua hal tersebut mendukung peningkatan pembiayaan dan revenue margin atau NIM, sehingga membantu peningkatan.

Selain itu, disiplin atas biaya juga selalu dilakukan dengan mendukung pengeluaran biaya untuk revenue (good cost), seperti aktivitas pemasaran maupun program bagi nasabah. Di sisi lain, efisiensi biaya sehari-hari juga selalu dilakukan, antara lain dengan peningkatan produktivitas melalui aplikasi maupun automasi.

Beberapa aktivitas dapat dilakukan secara otomatis dengan sistem/ mesin dan pembelian gedung untuk kantor cabang maupun kantor pusat demi menurunkan biaya penyewaan. Termasuk implementasi paperless proses, sehingga aktivitas kerja yang menggunakan kertas dapat ditekan sangat rendah. Hasilnya, pencapaian bisnis dapat terealisasi dengan baik.

Karena itu, perusahaan akan terus menyempurnakan layanan digitalisasi yang sudah dirilis, di antaranya Digital Customer Service, Lelang On-Line, Digital Signature (Tanda Tangan Digital), Geotaging, dan masih banyak lagi inisiatif digital yang akan segera diluncurkan. Mengusung value proposition ”Cepat dan Mudah”, CNAF berkomitmen menjadi salah satu perusahaan pembiayaan yang memiliki produk dan program pembiayaan unggulan dengan pelayanan prima sebagai kunci utama dalam memenangkan persaingan.