Obsession Awards 2021 - Rising Stars

Oleh: Syulianita (Editor) - 28 December 2021

SiCepat Ekspres

Naskah: Purnomo Foto: Istimewa

SiCepat Ekspres menjadi salah satu perusahaan logistik yang dinilai memiliki layanan customer service terbaik. Melalui layanan yang responsif dengan pemanfaatan IT yang maksimal, customer service SiCepat Ekspres telah mencapai angka keberhasilan dalam penanganan complain hingga 99,95% pada 2021.

Pencapaian ini sebagai bukti bahwa perusahaan tersebut menjaga kepuasan pelanggan atas pelayanan yang diberikan SiCepat. Sebagai pendatang baru yang bergerak di bidang jasa, SiCepat telah membuktikan layanan customer service yang sangat memudahkan para customer dalam membantu menyelesaikan masalah pengiriman.

Salah satunya adalah layanan proses claim dengan prosedur sederhana yang mudah dimengerti oleh pelanggan, yakni hanya dengan menginformasikan nomor resi saja. Selain itu, pemanfaatan teknologi terkini dan terintegrasi juga telah diterapkan dalam layanan customer service SiCepat Ekspres. Tak hanya memaksimalkan layanan call center, SiCepat juga memanfaatkan platform media sosial sebagai salah satu media yang digunakan dalam menjawab pertanyaan dan menampung keluhan pelanggan.

Selain itu, pengiriman SiCepat Ekspress meningkat signifikan seiring dengan pesatnya pertumbuhan sektor jasa antar cepat (delivery express). Meningkatnya ekonomi digital seiring penambahan infrastruktur internal menopang kinerja SiCepat. Pada semester I 2021, pertumbuhan bisnis SiCepat melesat hingga 180% secara Year on Year (YoY). Raihan ini ditopang faktor internal dan eksternal.

SiCepat juga gencar melakukan penambahan infrastruktur. Seperti sortation machines, perluasan dan pengembangan gerai & hub, penambahan layanan sameday delivery di beberapa kota di pulau Jawa, serta campaign marketing dan aktivitas CSR, yang menambah market share hingga 22% di Semester I-2021 ini.

Faktor eksternal, yakni transformasi kebiasaan masyarakat Indonesia yang bergantung pada aktivitas digital di masa pandemi ini, sehingga berdampak pada bisnis retail logistik. Saat ini, SiCepat mampu menjangkau 99% wilayah Indonesia, termasuk kiriman luar negeri lewat SiCepatGo! di hampir seluruh benua, kecuali conflict region. Secara umum strategi pengembangan bisnis tahun ini menambah layanan untuk covered kebutuhan transaksi e-commerce & layanan integrasi dalam grup.

SiCepat pun menyambut ramainya investasi di sektor logistik sehingga industri ini bisa semakin kompetitif. Namun, SiCepat akan lebih selektif untuk memilih investor. Tak hanya di bidang pengiriman, baru-baru ini dalam memperingati Hari Menanam Pohon Indonesia dan Hari Bakti Pekerjaan Umum ke-76, SiCepat Ekspres turut mendukung terselenggaranya kegiatan Gerakan Nasional Pemulihan Daerah Aliran Sungai (GNPDAS).

Dalam kegiatan yang diselenggarakan Dinas Perumahan dan Permukiman Jawa Barat (Jabar) berkolaborasi dengan Dinas Kehutanan Provinsi Jabar ini, SiCepat menanam bibit pohon sebanyak 1.700 di lahan kritis Kawasan Desa Cikande, Bandung Barat. Melalui program CSR SiCepat Peduli yang berkolaborasi dengan Pemprov Jabar, SiCepat berkomitmen untuk turut berkontribusi dalam perbaikan aspek lingkungan hidup.